Hampir seluruh Masjid di CAR telah dihancurkan selama konflik


Hampir seluruh Masjid di Republik Afrika Tengah (CAR) yang berjumlah 436 telah dihancurkan selama pertempuran sengit antara milisi Kristen dan Muslim, ujar Duta Besar AS untuk PBB pada Selasa (17/3/2015).

Ia menyebut hancurnya Masjid-masjid tersebut merupakan hal “gila dan mengerikan”.

Samantha Power berbicara kepada wartawan setelah kunjungan Dewan Keamanan PBB pekan lalu ke CAR.

Setidaknya 5.000 orang dilaporkan tewas di CAR dalam kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hampir satu juta orang telah mengungsi dan banyak dari mereka yang melarikan diri adalah Muslim, seperti ditulis AP.

Power mengatakan 417 Masjid di negara itu telah hancur. Dia mengunjungi satu Masjid yang masih tersisa di pemukiman Muslim di ibukota Bangui dan menggambarkan penduduk sebagai orang-orang yang “ketakutan”.

Pasukan “penjaga perdamaian” PBB yang berasal dari Perancis dan Uni Eropa mengklaim mencoba menenangkan kekerasan. Namun sekitar 750 tentara Uni Eropa yang tersisa telah meninggalkan CAR pada akhir pekan lalu.

Sementara Perancis mengumumkan penarikan pasukan pada akhir tahun ini. Perancis telah mengirim 2.000 tentara ke bekas koloninya. (haninmazaya/arrahmah.com) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment