Ulama: Alat Bacaan Alquran (Rekaman) di Pemakaman Menyesatkan


Banyak orang mengeluti usaha dengan berbagai cara, tapi lebih baik dengan cara yang halal, jangan yang dilarang agama apalagi menimbulkan kontroversi seperti yang satu ini.

Penjualan alat atau rekaman yang mengeluarkan bacaan ayat-ayat suci Alquran, yang banyak digunakan saat mengunjungi makam mendapat reaksi negatif dari kalangan tokoh agama Malaysia.

Dua mufti negeri berpendapat, alat bacaan surat Yasin serta tahlil otomatis di pemakaman yang menggunakan tenaga surya itu menjurus kepada perbuatan yang tidak dianjurkan dalam Islam.

Sebaik-baik doa untuk orangtua yang sudah meninggal adalah datangnya dari anak-anak mereka sendiri, bukan dari rekaman, terutama setelah selesai menunaikan salat.

Mufti Negeri Perak, Tan Sri Harussani Zakaria menggambarkan alat semacam itu sebagai ‘sesat’ serta bidah dan meminta mereka yang menjalankan bisnis tersebut di situs-situs sosial supaya menghentikan penjualannya.

“Orang juga janganlah terpengaruh dengan alat-alat seperti ini karena sangat jelas menjurus ke praktik bidah,” kata Harussani dikutip dari laman Utusan Online.

Dia mengomentari penjualan alat ‘Player MP3 Bacaan Quran 24 Jam’ di situs Facebook yang dapat digunakan pada tujuh hari pertama.

Setelah itu player tersebut akan membaca tahlil otomatis pada hari ke-40 dan hari ke-100 serta pada setiap tahun tanggal kematian seseorang.

Menurut salah seorang penjual alat itu di Facebook, Muntazir Masrallah, dengan menggunakan alat tersebut, akan ‘menghemat uang, tidak perlu membayar orang membaca Alquran dan tahlil serta tidak perlu membuat kenduri’.

Sementara itu, Mufti Selangor, Datuk Mohd. Tamyes Abd. Wahid berpendapat, penjualan alat semacam itu dengan alasan untuk ‘meramaikan’ kuburan almarhum sebagai ‘tidak sesuai dalam Islam’.

Menurutnya, alat seperti itu juga tidak sejalan dengan firman Allah yaitu: “Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya Aku perkenankan doa permohonan kamu”.

“Kalau hanya menggantungkan doa kepada kaset atau rekaman, apalagi melibatkan kematian, memang ini tidak sesuai dengan Islam,” kata dia.(dream) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment