Orang Ini Sebut Umar R.A Bapak Liberalisme Dunia


DALAM sesi tanya jawab acara Kajian Islam Yayasan Nurul Islam Islamic Center Bekasi, seorang penanya bernama Mawardi, dengan mengutip Ahmad Sahal, berkata bahwa liberalisme sudah ada sejak era klasik Islam dan dipelopori oleh Umar ra.

“Bukankah persoalan liberalisme ini juga sudah ada sejak era klasik Islam? saya mengutip dari Ahmad Sahal melihat bahwa Umar adalah bapak liberalisme Islam, karena ia pernah berijtihad di luar Al Qur’an dan sunnah,” gugatnya.

Menjawab gugatan ini, Adnin Armas sebagai salah satu pembicara menyatakan bahwa menyebut Umar ibn Khattab ra. sebagai bapak Liberalisme adalah tuduhan yang keras.

“Apa pantas Umar ibn Khattab ra. dikaitkan dengan liberalisme yang sudah jauh menyesatkan orang dari persoalan aqidah yang mendasar?” ungkapnya, Selasa (14/04/2015).

Menurut Adnin, terlalu jauh menghubungkan ijtihad Umar ibn Khattab ra. dengan liberalisme. Dalam pandangannya, penyebutan Umar sebagai bapak liberalisme Islam sendiri lebih bisa disebut justifikasi daripada fakta sejarah.

“Menyebut Umar ra. sebagai bapak liberalisme adalah tudingan keras, jangan kita fitnah sahabat nabi, ijtihad furu’ tidak bisa disamakan dengan penyesatan akidah,” tegasnya disambut takbir para hadirin. [eza/Islampos] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment