Tingkah Rini Soemarno Mengerikan, BUMN Jatuh Ketangan Asing


Oleh : Salamuddin Daeng (AEPI-Jakarta)

Visi Rini Soemarno dalam mengelola BUMN adalah ancaman terbesar bagi kedaualatan negara, yakni menjadikan BUMN sebagai alat untuk mengakumulasi keuantungan dengan cara ; pertama, menumpuk utang luar negeri, kedua, melakukan privatisasi BUMN lewat bursa saham, ketiga, menumpuk utang dengan melakuk listed utang /refinancing.

Ditengah derasnya penolakan publik terhadap privatisasi BUMN, Rini Soemarno tidak ragu ragu melakukan deal deal tertutup dengan bank bank pembiayaan internasional dalam rangka memperoleh utang luar negeri.

Salah satunya adalah penandatangan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian BUMN dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT PLN, dan China International Fund (CIF) berlangsung tertutup. BUMN strategis ini hendak dijual ke lembaga keuangan internasional dalam rangka memobilisasi uang secara cepat.

http://m.sindonews.com/read/918793/34/para-menteri-ekonomi-bungkam-soal-mou-dengan-china-1414983932

Presiden-Jokowi-63Tujuannya dari mobilisasi utang luar negeri tidak lain adalah dalam rangka menambah penerimaan devisa dari utang luar negeri selain untuk menopang oligarki RiniSoemarno sendiri.

Padahal utang utang BUMN tersebut sudah sangat besar. Peringatan DPR terhadap pemerintahan Jokowi yang mengelola BUMN tidak digubris.

Sekarang BUMN praktis bertahan dalam tumpukan utang. Utuk dapat melunasi utang BUMN mengeruk rakyat untuk dapat rupiah. Kalau rakyat sudah sengsara, sekarat, dan tidak mampu beli BBM, listrik, bayar ongkos kereta Api, maka BUMN, maka BUMN tidak tidak sanggup lagi untuk bayar utang. Belum lagi jika rupiah terus merosot maka utang luar negeri dalam bentuk dolar ini akan meningkat berkali kali lipat. Cepat atau lambat BUMN semuanya akan jatuh ke tangan asing.

Tidak hanya itu, ke depan seluruh infrasturktue nasional jalan tol, bandara, pelabuhan, jaringan telekomunikasi dan infoemasi, yang merupkan rantai suplai (supply chain) pangan, energi, bahan baku industri nasional akan berada dibawah kontrol asing, jangan menyedal jika dalam sekejap mata nantinya negara ini bisa diambrukkan tanpa melalui invasi militer.(citizenjurnalism) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment