2 Bangsa yang Mati Rasa


By: Nandang Burhanudin
****

Di Mesir, cara mengukur apakah masyarakat masih memiliki "muru'ah" atau marwah adalah: coba colek seorang perempuan berjilbab ataupun tidak. Saat satu bis atau satu halte menghakimi anda, ciri muruah dan marwah itu masih kental.

Kini, di era kudeta, muruah dan marwah itu telah punah. Lakukan apapun yang kau mau, apalagi jika engkau aparat hukum. Kau pasti bebas dari pengadilan manusia.

Sama halnya dengan menguji ghirah keIslaman. Di Mesir cobalah lecehkan Nabi Muhammad saw. Maka sekampung malah satu kota akan siap membinasakan anda. Namun kini era itu telah sirna. Nabi Muhammad saw. dilecehkan sebagai Nabi yang gagal oleh para penyiar TV, Al-Qur'an pun sama dilecehkan oleh para junta kudeta. Bahkan pendeta-pendet Kristen Koptik bebas melecehkan Allah, tanpa ada riak perlawanan.

Mengapa? Sebab yang biasa melawan dan membela kini berada di penjara atau sudah dibinasakan. Yang tersisa di Mesir adalah kaum Rawabidhah dan du'at 'alaa abwaabi jahannam.

Dulu untuk menguji soliditas masyarakat tentang hiburan sepakbola, di Mesir ada dua kutub kekuatan. Zamalik dan Ahli. Suporternya disebut Zamalkawi dan Ahlawi. Jika kita naik taxi atau naik bus, cobalah berbasa-basi menyebutkan dua klub sepakbola tadi. Anda akan mendapatkan perlakuan khusus, dianggap sebagai saudara. Namun kini di era kudeta, semua itu hanya nostalgia. Seiring suporter Zamalik yang antikudeta.

Sama halnya di Indonesia, jangan coba-coba menginjakkan kaki ke masjid tanpa sepatu. Anda akan dihardik, minimal dinasihati. Namun kini, Densus bebas memasuki masjid seakan tak lagi suci.

Demikian halnya dengan klub sepakbola. Rakyat Indonesia dan suporternya telah mati rasa. Saat klub-klub sepakbola kesayangannya dibubarkan oleh aksi seorang menteri Olahraga yang awam dan tak paham sepakbola. Persipura yang tengah berlaga di AFC, bubar. Persib pun yang tengah naik daun bubar. Ternyata bobotoh Persib maupun pendukung Persipura, sudah mati rasa. Dilecehkan tetap diam.

Hidup As-Sisi, hidup Jokowi! Perilaku anda sangat terpuji! DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment