Akp kembali Jadi Penguasa Tunggal di Turki


AK Party yang dipimpin Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu memenangkan pemilu parlemen yang digelar hari Minggu, 1 November 2015.

Dalam perhitungan hasil suara yang dilansir media Turki Daily Sabah dengan 96,68% suara yang telah dihitung, AKP meraih 49,37% suara atau 316 kursi parlemen (57,45% dari 550 kursi).

Peraih suara yang lain:CHP 26,41% (134 kursi), MHP 11,98% (41 kursi), HDP 10,48% (59 kursi).

Di depan massa pendukungnya, Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, Minggu (01/11) malam, mengatakan pemerintah akan membangun kembali Turki bersama semua elemen masyarakat lain, termasuk mereka yang mencoblos partai-partai lain.

"Ini adalah hari kemenangan," kata Davutoglu di kota kelahirannya, Konya. "Kemenangan ini milik semua orang."

"Tidak ada yang kalah, semuanya menang. Kita akan membangun kembali Turki yang baru bersama semua elemen rakyat," kata Davutoglu seperti dilansir BBC.

Pemilu 1 November ini merupakan pemilu ulang setelah Pemilu Juni sebelumnya tidak menghasilkan partai mayoritas tunggal. Saat itu AKP menang 'hanya' dengan meraih 40,9% suara atau 258 kursi parlemen dan gagal membentuk pemerintahan koalisi.

Dengan memperoleh (sementara) sekitar 316 kursi parlemen (57,54%) maka kini AKP bisa membentuk pemerintahan sendiri tanpa koalisi. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment