TIDAK SEPERTI DIPARIS. MUSLIM UIGHUR DIBOM PEMERINTAH CINA, AKSI TERORISME YANG DIDIAMKAN DUNIA


Pihak berwenang di Xinjiang Uighur Daerah Otonomi utara Cina telah menewaskan 17 tersangka dari tiga keluarga, termasuk perempuan dan anak-anak. Mereka dituduh melakukan serangan yang menewaskan 50 orang dan melukai 50 lainnya di tambang batu bara, menurut sumber pemerintah dan lokal kepada RFA, Selasa (17/11/2015).
“Semua teroris tewas pada hari ke-56 dalam operasi ‘mengejar dan menyerang’ di kawasan itu, Departemen Keamanan Publik Cina mengumumkan dalam sebuah pernyataan 14 November yang dipublikasikan di situsnya, mengacu tindakan itu sebagai “kemenangan besar dalam Perang Melawan Teror,” lapor sumber kepada RFA.
Sementara pengumuman, yang telah dihapus tak lama setelah itu diposting, tidak mengaitkan “teroris” untuk tindakan tertentu. Operasi panjang itu disebut telah diluncurkan setelah terjadinya serangan 18 September di Sogan Colliery di Aksu (dalam bahasa Cina, Akesu) Bay (Baicheng) county prefektur itu.
Serangan menurut versi pemerintah, yang tidak dilaporkan di media Cina, terjadi ketika sekelompok tersangka membawa pisau set ke arah penjaga keamanan di pintu gerbang tambang di Terek kota sebelum menargetkan kediaman pemilik dan asrama bagi pekerja.
Ketika polisi tiba di tambang untuk mengendalikan situasi, penyerang menabrakkan kendaraan mereka dengan menggunakan truk sarat turun dengan batubara, sumber mengatakan kepada RFA pada saat itu, menambahkan bahwa setidaknya lima petugas tewas dalam insiden itu, termasuk seorang kepala polisi setempat.
Sebagai buntut dari serangan itu, pihak berwenang meluncurkan perburuan untuk 17 tersangka, yang terdiri atas tiga orang diyakini berada di balik insiden itu. Mereka adalah, Tursun Jume (46), Musa Toxtiniyaz (47), dan Memet Eysa (60), dari Chokatal Meadow, di Bay Kanchi kota-dan anggota keluarga mereka. Empat tersangka adalah perempuan dan tiga anak-anak.
Pada hari Selasa (17/11), polisi dari Bay county dikonfirmasi RFA layanan siar Uighur bahwa “semua teroris,” termasuk tujuh wanita dan anak-anak, telah tewas dalam serangan.
“Ya, saya menerima pemberitahuan dari atasan saya bahwa semua “teroris” telah tewas dan memperingatkan kita untuk tetap waspada terhadap kemungkinan serangan balas dendam,” kata Exmet Abliz, kepala polisi kota Bay Qeyir, menambahkan bahwa sejumlah besar petugas telah siaga dalam operasi razia.
“Kami juga memperingatkan untuk tidak mengadakan jenis perayaan untuk menandai kemenangan, dan bahkan tidak berbicara banyak tentang hal itu sampai operasi telah resmi diumumkan.”
Ghalip Memet, seorang perwira polisi di kota Terek, mengatakan kepada RFA bahwa pemerintah telah memicu peledakan membunuh tersangka di mana mereka berbaring di persembunyian.
“Saya mendengar dari rekan-rekan yang berpartisipasi dalam operasi militer yang meledak gua di mana para tersangka bersembunyi,” katanya.
“Itulah sebabnya kami mampu membunuh semua dari mereka dengan nol korban [dari pihak kami]. Tujuh belas mayat dikumpulkan setelah ledakan. ”
Penjelasan Warga Sipil
Ekber, direktur sekolah menengah Kota Terek, yang telah digunakan sebagai basis operasi untuk perburuan, kata guru dan staf akhirnya kembali ke kelas pada Selasa (17/11) setelah hampir dua bulan.
“Saya menerima telepon dari kepala departemen pendidikan Bay county, yang mengatakan kepada saya bahwa perang telah berakhir dengan kemenangan besar-semua ‘teroris’ telah tewas dan bahwa kita bisa kembali ke sekolah menengah,” katanya.
“Tapi saya masih belum menerima pemberitahuan tertulis yang resmi, dan pihak berwenang mungkin belum memutuskan apakah akan menjaga serangan rahasia atau akan mengungkapkannya,” lanjutnya.
Menurut Ekber, pemerintah hanya memberitahu masyarakat bahwa mereka akan membantu dalam perburuan dan akan tetap melakukan pencarian tersangka sejak serangan terhadap tambang, dan penduduk county dilarang dari membahas insiden tersebut.
“Itu sebabnya saya hanya bisa mengatakan kepada para guru dan siswa di sekolah saya bahwa, ‘Operasi selesai, sehingga kami bisa melanjutkan pekerjaan dan belajar seperti biasa,’ tapi aku tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang apa yang terjadi pada perempuan dan anak di kelompok tersangka, yang merupakan topik yang sangat sensitif,” katanya.
“Berdasarkan daftar surat perintah, kami menemukan bahwa 17 tersangka Muslim Uighur, termasuk empat wanita dan tiga anak, salah satunya anak berusia 9 tahun bernama Munire [Memet, cucu angkat Memet Eysa] -adalah salah satu siswa kelas dua kami. ”
Selain Memet, seorang anak tak dikenal berusia 6 tahun dan yang tak dikenal berusia 1 tahun -entah dari keluarga Tursun Jume-juga tewas dalam serangan itu, menurut informasi tentang tersangka yang diberikan kepada RFA oleh pejabat lokal bulan lalu .
Empat wanita yang dibunuh oleh pihak berwenang adalah, istri dari tersangka Memet Eysa ini, Zorem Mamu (55)t; Putri-iparnya, Reyhan Musa (28); lain putri-di-hukum, Ayimnisa Rozi (30); dan istri Tursun Jume, Meryem Abdurehim (44).
10 tersangka lainnya tewas dalam serangan itu termasuk Tursun Jume, Musa Toxtiniyaz dan Memet Eysa, serta anak-anak mereka dan satu keponakannya.
Seorang pejabat lokal yang menyebutkan nama-nama tersangka kepada RFA pada bulan Oktober mengatakan bahwa, baik perempuan maupun anak-anak telah dituding terlibat dalam serangan Sogan Colliery dan dia “hanya” mengikuti tersangka lainnya ketika mereka melarikan diri dari Kota Kanchi.
Ekber mengatakan bahwa tidak hanya siswa dan guru, tetapi “semua orang dari Bay county” bertanya-tanya tentang nasib perempuan dan anak-anak pada daftar tersangka.
“Pada titik ini, saya tidak tahu apa keputusan penerbitan berita kemenangan nantinya,” katanya.
“Itu sulit. Para tersangka [diyakini telah] melakukan serangan itu, namun rincian penerbitan insiden-termasuk korban tewas dan apa yang terjadi di tambang batubara -bisa memperdalam kebencian antara etnis [mayoritas] Hans dan [minoritas] Uighur. ”
‘Tidak bisa meyakinkan dunia’
Seorang guru dari sekolah menengah Kota Terek, yang berbicara kepada RFA dengan syarat anonim, mengatakan Kementerian Keamanan Publik Cina tidak akan menerbitkan informasi tentang serangan itu jika serangan teroris di Paris tidak terjadi sehari sebelumnya.
“Pihak berwenang pemerintah pusat tidak akan mengungkapkan pembunuhan 17 warga sipil yang disebut ‘teroris’ di situs web mereka jika serangan Paris tidak terjadi-penghapusan yang cepat terhadap posting itu juga menunjukkan bahwa hal ini benar terjadi,” kata guru itu.
Media pemerintah yang dikontrol ketat Cina telah meliput serangan Paris secara detail, termasuk komentar menyerukan masyarakat internasional untuk menghindari “standar ganda” dan mengambil kampanye anti-teror Beijing pada nilai nominal.
Presiden Prancis Francois Hollande pada Senin (16/11) berjanji untuk memberantas terorisme, mengatakan bahwa “Prancis sedang berperang,” setelah serangan itu, dimana Daulah Islam telah mengaku bertanggung jawab dan yang menyebabkan sedikitnya 129 orang tewas dan 352 terluka.
Guru itu mempertanyakan bagaimana Cina bisa meyakinkan masyarakat internasional bahwa empat wanita dan tiga anak-anakitu adalah teroris, bagaimana bisa memvalidasi penahanan lebih dari 1.000 orang sebagai bagian dari serangan setelah serangan September, dan bagaimana pemerintah bisa mengklaim bahwa memaksa petani untuk mengambil bagian dalam perburuan itu telah menjadi bagian dari metodologi polisi profesional.
“Pihak berwenang bisa memaksa kita untuk mempercayai klaim mereka melalui kekuasaan yang mereka gunakan, tetapi mereka tidak bisa meyakinkan seluruh dunia,” katanya.
“Itulah sebabnya mereka tidak berani mengungkapkan rincian insiden itu.”
‘Tiga kejahatan’
Cina telah berjanji untuk menindak “tiga kejahatan” terorisme, separatisme, dan ekstremisme agama di Xinjiang. Namun para ahli di luar Cina mengatakan Beijing telah membesar-besarkan ancaman dari “separatis” Uighur dan bahwa kebijakan domestik bertanggung jawab atas meningkatnya kekerasan yang telah menewaskan ratusan orang sejak 2012.
Kelompok Uighur di pengasingan mengatakan serangan tersebut kemungkinan ekspresi perlawanan terhadap kebijakan Beijing di Xinjiang, di mana Muslim Uighur mengeluhkan diskriminasi terhadap etnisnya, penindasan agama, dan penindasan budaya oleh pemerintah komunis Cina.
Kelompok-kelompok HAM menuduh aturan pihak berwenang Cina terlalu berat di Xinjiang, termasuk serangan kekerasan polisi terhadap rumah tangga masyarakat Uighur, pembatasan praktek Islam, dan pembatasan budaya Islam dan bahasa dari orang-orang Uighur. Allahul Musta’an.
AntiLiberalNews

DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment