INILAH ENGINEER MUSLIM DI MICROSOFT, YANG MEMBUAT ORANG BUTA BISA MELIHAT DUNIA


Saqib Shaikh, Seorang Software Engineer Muslim Di Microsoft mengembangkan sebuah  aplikasi yang bisa membantu orang buta bisa "melihat"  dunia.

Diakhir acara keynote Microsoft Build 2016 , Microsoft mempromosikan sebuah aplikasi  API yang terinspirasi oleh salah seorang sofware engineernya yang bernama  Saqib Shaikh, dia telah menciptakan sebuah aplikasi yan dengannya orang buta bisa melihat.

Shaikh sendiri mengalami kebutaan  sejak berusia tujuh tahun. Dia telah bekerja di Microsoft selama 10 tahun terakhir ini di kota London. Dia membuat sebuah aplikasi yang disebut  AI,sebuah proyek penelitian, menggunakan API intelijen dari Microsoft Cognitive Services. Aplikasi ini bekerja di dua device yaitu smartphone dan sebuah kacamata Pivothead SMART. Aplikasi ini dapat "melihat" benda dan orang-orang, kemudian menerjemahkan apa yang dilihat alat tersebut ke Shaikh melalui  pesan audio.

Misalnya, dalam sebuah pertemuan, dengan alat ini Shaikh bisa mengenal orang-orang disekitar dia dan menyampaikan informasi kelamin, usia dan bahkan keadaan emosional mereka, seperti bahagia, sedih atau terkejut. dan dalam versi smartphone-nya aplikasi ini dapat mengambil image dan mengubahnya menjadi sebuah pesan audio.

Karena ini adalah proyek penelitian, jadi tidak bisa dipastikan kapan alat ini akan dijual bebas. Proyek ini merupakan bagian dari usaha Microsoft untuk memajukan dunia ilmu Artifisial Intelegence  dan merealisasikannya dalam kehidupan nyata. (http://www.islamicnewsdaily.com/) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment