Warga Cina Pake Baju Tentara Yang Ditangkap Di Halim PK, Tidak Dilengkapi Identitas


Penangkapan lima warga negara asing asal China (26/04) di wilayah Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menjadi isu panas. Bahkan di sosial media hastag atau tanda pagar #ChinaLecehkanNKRI menjadi trending topic.

Awalnya, dikabarkan WNA asal China itu anggota angkatan bersenjata China. Namun belakangan hal itu dibantah Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Wieko Sofyan.

Menurut Wieko, tujuh orang yang diamankan tersebut merupakan pekerja PT Geo Central Mining (GCM). Perusahaan itu merupakan mitra PT Wijaya Karya (Wika), yang melakukan pengeboran di wilayah Lanud Halim Perdanakusuma.


Menyikapi penangkapan itu, penulis Syafruddin Azhar, mengingatkan kemungkinan ada penyusupan intelijen China di Indonesia. “Kita mulai dikepung intelijen/tentara China?” tulis Didien di akun Twitter ‏@didienAZHAR.

Pertanyaan menarik dilontarkan Sekjen Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, soal identitas WNA China yang ditangkap TNI AU. “Yang pakai seragam tentara satu orang atau kelimanya? kalau semua pakai seragam tentara….kompak juga mereka #justsaying. 2 orang berpakaian mirip/sama dalam 1 kesempatan mungkin kebetulan. 5? – 5 WNA China yang ditangkap di Halim bukan Tentara,” tulis Hinca di akun Twitter @hincapandjaitan.

Diberitakan, Satuan Keamanan Pertahanan Pangkalan (Satkamhanlan) Halim Perdanakusuma mengamankan tujuh orang, terdiri dari dua warga negara Indonesia (WNI) dan lima warga negara asing (WNA) asal China, Selasa (26/04).

Ketujuh orang itu diamankan karena masuk dan melakukan aktivitas pengeboran tanah di Cipinang Melayu, dekat jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berlokasi tepat di belakang Batalyon 461 Paskhas.

Aktivitas pengeboran tanah tersebut telah berlangung sejak tanggal 22 April 2016. Pengeboran dilakukan untuk mendapatkan sampel komposisi tanah yang akan digunakan dalam pembangunan beton penyangga rel kereta proyek Kereta Cepat Indonesia China. [intelijen] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment