MADRID, KOTA SANG JUARA


Kota Majrith atau yang kini lebih dikenal dengan nama Madrid adalah sebuah kota yang dibangun oleh Amir Muhammad Al-Awwal bin Abdurrahman Al-Tsani Al-Umawy .

Kota tersebut di dirikan pada tahun 241 H/885 M. Seiring berjalannya waktu, kota kecil tersebut mengalami perluasan dan berubah menjadi pusat ilmu dan perdagangan dimasa lampau.

Kata “مجريط” (Majrith) berasal dari dua suku kata yaitu, “مجري” yang dalam bahasa Arab merujuk pada kalimat, “مجرى المياه” atau aliran air. Sedangkan kata kedua adalah, “ايتو” yang dalam bahasa Latin bermakna sangat banyak. Bila digabungkan bermakna “kota yang memiliki banyak aliran air.”

Dalam arsip Spanyol, kata Majrith atau Madrid tidak dikenal dalam sejarah Spanyol pra Andalus. Hal ini membuktikan bahwa kota tersebut murni dibangun oleh kaum muslimin Andalus.

Al-Himyari, seorang ahli sejarah dan geografi Andalus ternama menyebutkan bahwa penduduk asli kota Madrid berasal dari keturunan bangsa arab. Hal ini tidak seperti yang diyakini oleh sebagian sejarawan Eropa pada abad ke 17 dan 18 M. Apa yang sebutkan oleh Al-Himyari juga di dukung oleh Évariste Lévi-Provençal, sejarawan dan orientalis berkebangsaan Prancis. Serta dikuatkan oleh bukti arkeologi yang ada.
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment