Azan dan Pekikan Takbir Semangati Rakyat Turki Saat Gagalkan Kudeta

 Azan dan Pekikan Takbir Semangati Rakyat Turki Saat Gagalkan Kudeta
 Azan dan Pekikan Takbir Semangati Rakyat Turki Saat Gagalkan Kudeta

Jutaan rakyat Turki turun ke jalan untuk menggagalkan upaya kudeta dari sejumlah oknum militer pada Jumat (15/7) malam. Sejumlah jenderal dilaporkan terlibat dalam upaya pengambilalihan ini.

Ucapan kalimat bismillah dan pekikan takbir menjadi penyemangat perjuangan rakyat Turki dalam menyelamatkan negaranya. Tak ketinggalan, masjid-masjid di Turki mengumandangkan adzan di luar waktu shalat untuk menyerukan rakyat dan sebagai tanda dukungan terhadap Presiden Reccep Tayyip Erdogan.

Rakyat Turki tampil menyambut seruan pemimpinnya yang meminta mereka turun ke jalan. Erdogan berbicara kepada rakyatnya melalui telepon, dan seruannya segera tersebar, dimana sang pemimpin dengan jelas meminta rakyat untuk turun melawan kudeta. Situasi berubah seketika, rakyat turun memenuhi jalan-jalan dan mengepung kendaran-kendaraan militer sehingga gagal digerakkan.

Akhirnya, dalam waktu sekitar 5 jam, kudeta Turki yang dilakukan sekelompok kecil militer itu bisa digagalkan. Polisi Turki telah menahan sebagian besar tentara yang terlibat dalam upaya kudeta militer.

Kekuasaan Erdogan melalui Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) selama ini kerap mendapat tentangan dari militer yang tak suka dengan penghapusan aturan sekulerisme di Turki. Namun sejak ia memimpin dari 2003 dengan menjadi perdana menteri Turki sampai 2014, Erdogan telah membawa perubahan positif dengan mencoba mengikis budaya dan aturan sekuler di negaranya untuk digantikan dengan corak islami.

DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment