Bukti Baru Keterlibatan Kelompok Gulen Pada Kudeta


Dalam penyelidikan terhadap orang-orang yang terlibat dalam kudeta Turki Jumat lalu, pihak berwenang Turki mulai mendapatkan pengakuan dari sejumlah tahanan bahwa mereka berafiliasi kepada kelompok Fethullah Gulen.

Hal itu dinyatakan oleh Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus. Dia menambahkan bahwa Turki akan menyelesaikan pengiriman file yang terkait dengan penyelidikan tersebut kepada Amerika Serikat, untuk membuktikan keterlibatan mereka.

Di sisi lain, seorang pejabat di kepresidenan Turki mengatakan bahwa pihak berwenang telah menangkap Halis Hansi. Hansi disebut-sebut sebagai asisten utama Fethullah Gulen, demikian lansir Aljaeera dikutip Kiblat.

Pejabat itu mengatakan kepada wartawan bahwa Hansi masuk Turki dua hari sebelum upaya kudeta.

Penangkapan terhadapnya terjadi beberapa jam setelah pihak berwenang menangkap Mohammed Said Gulen keponakan Fethullah Gulen di negara bagian Erzurum. Said Gulen ditangkap dalam rangka investigasi kudeta.

Menurut Perdana Menteri Ben Ali Yildirim, jumlah tahanan yang dikaitkan dengan upaya kudeta itu sampai Sabtu siang (23/7) telah mencapai 13 ribu orang, termasuk lebih dari 1300 polisi, sekitar 9000 militer, dan lebih dari 2000 hakim dan jaksa. Pihak berwenang telah merilis 1200 tentara yang tertipu oleh kudeta, kata Yildirim.





Red : Maulana Mustofa/antiliberalnews DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment