Gara gara Iphone dan Suara Adzan, Rencana Para Jenderal Inipun Gagal


Saat rakyat Turki berjuang untuk masa depan mereka, hanya ada keheningan dari para pemimpin Barat yang selama ini selalu menyuarakan tentang demokrasi. Konsulat Prancis telah ditutup dua hari sebelumnya. Apakah mereka mengetahui sesuatu yang tidak diketahui Turki ?

Untuk mengusung kudeta, tentara senior Turki dari unit komando, pasukan darat, tentara pertama dan keempat, dan angkatan udara melangkah jauh untuk merebut kekuasaan.

Mereka menduduki dua bandara dan menutup bandara ketiga. Mereka berusaha untuk memisahkan Eropa dari sisi Asia melalui Istanbul. Mereka mengebom parlemen di Ankara sembilan kali. Ada mengadakan pertempuran di luar markas badan intelijen Turki MIT. Mereka mengerahkan tank, helikopter tempur dan jet F16.

Untuk mengalahkan kudeta, presiden Turki menggunakan iPhone-nya. Masjid menggunakan pengeras suara mereka, menyerukan panggilan untuk berkumpul sebelum Subuh. Para pemimpin politik dari semua latar belakang ideologi, bahkan beberapa lawan utama presiden, menyerukan dengan jelas untuk mengalahkan kudeta. Polisi menangkap tentara.

Kelompok warga tanpa senjata merebut kembali CNN Turk dan jembatan di Bosphorus, menantang tembakan untuk merebut kembali demokrasi negara mereka.

Ini adalah jelas sebuah kudeta militer. Namun Kedutaan Besar AS di Ankara dalam pesan darurat untuk warga AS menyebutnya sebagai “pemberontakan”.

Geopolitik Futures merilis analisis mengatakan kudeta itu berhasil. BBC Arab, Sky News Arab, El Arabiya TV, Editor diplomatik ITN , semua jaringan media US mengatakan Erdogan telah ‘tamat’, atau telah melarikan diri ke Jerman.

The Guardian memuat berita pertama kali sebagai headline (yang kemudian diubah) mengatakan segala sesuatu tentang seorang penulis yang tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya tentang ‘kematian’ seorang pria yang dikualifikasikan sebagai Islamis otoriter: “Bagaimana Recep Tayyip Erdogan mengobarkan ketegangan di Turki”.

Saat rakyat Turki berjuang untuk masa depan mereka, hanya ada keheningan dari para pemimpin Barat yang selama ini selalu menyuarakan tentang demokrasi. Konsulat Prancis telah ditutup dua hari sebelumnya. Apakah mereka megetahui sesuatu yang tidak diketahui Turki ?

Dalam pernyataan awalnya, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menggunakan setiap kata kecuali “d” (kata kunci yang mengacu pada : kudeta). Dia berharap untuk “stabilitas dan perdamaian dan kontinuitas” di Turki.

Tidak ada sesuatu selain mendukung presiden terpilih secara sah dan parlemen yang terpilih secara sah. Hanya ketika sudah jelas bahwa kudeta itu gagal, Presiden Barack Obama dan Kerry menyatakan dengan jelas dukungan untuk Erdogan.

Jika Anda ingin tahu mengapa Eropa dan Amerika Serikat menjadi biang perpecahan di Timur Tengah, mengapa mereka kehilangan semua otoritas moral, bahkan semua jenis otoritas, dan mengapa mereka tidak lagi menjadi ‘pembawa lilin’ atas perubahan demokratis, perhatikan tiga jam saat mereka menunggu dan diam untuk melihat ke mana angin bertiup di Istanbul dan Ankara.

Saudi menunggu 15 jam sebelum mengeluarkan pernyataan yang mendukung Erdogan. Emirat dan media mereka menyebarkan pesan bahwa Erdogan telah melarikan diri dari negaranya.

Tepat di seberang kebenaran dipertunjukkan. Erdogan menunjukkan keberanian dengan masuk ke pesawat dan menuju Istanbul meskipun mengetahui F16 berada di udara dan landasan pacu di bandara Ataturk bisa saja ditutup.

Hanya tiga negara di dunia yang dengan jelas mendukung Erdogan dari awal – Maroko, Qatar, dan Sudan.

Apa yang sangat mengesankan adalah pernyataan politisi Turki yang memiliki semua alasan untuk menyingkirkan Erdogan, dan ingin mengambil kekuasaan. Dengan reputasinya, pemimpin partai oposisi terbesar di Turki, Kemal Kalicdaroglu dari Partai Rakyat Republik (CHP) berhaluan kiri moderat, segera mengeluarkan pernyataan terhadap kudeta dalam serangkaian tweets, mengatakan negara telah “menderita banyak” akibat kudeta militer di masa lalu .

Dua pemimpin AK party juga menyatakan dukungan. Mantan Presiden Abdullah Gul mengatakan kepada CNN Turk bahwa “Turki bukan negara Amerika Latin … Saya menelepon orang-orang yang berusaha untuk menggulingkan pemerintah, [mereka] harus kembali ke barak mereka.”

Mantan Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan kepada Al Jazeera: “Turki adalah negara demokrasi … Saya tidak berpikir upaya ini akan berhasil. Tidak ada upaya apapun yang dibiarkan untuk mengguncang Turki. Kami menghadapi begitu banyak krisis di Suriah dan wilayah lainnya, saatnya untuk memiliki solidaritas dengan orang-orang Turki … Pada saat ini orang di kota-kota yang berbeda turun di jalan-jalan, melawan upaya kudeta. ”

Semua orang-orang ini bisa melihat konsensus Barat tentang Erdogan tidak berhasil. Bahwa proses lebih penting daripada ‘seorang tokoh’. Bahwa Turki, percaya atau tidak, akan berjuang dan mati untuk hak memilih presiden mereka.

Reaksi rakyat Turki berasal dari pemahaman demokrasi yang matang. Reaksi Barat adalah demokrasi rusak, yang dinodai oleh militer dan dukungan politik otokrasi.
Titik balik dalam permainan moralitas semalam di Turki datang ketika video Erdogan berbicara melalui iPhone-nya disiarkan dan menyebar secara viral melalui media sosial.

Sampai saat itu, tampak seolah-olah kudeta akan berhasil. Dia menyerukan orang-orang untuk turun ke jalan-jalan dan tetap bertahan di luar. Dan warga mengindahkan ancaman yang bahkan akan dibayar dengan kehidupan mereka. IPhone mengalahkan tank.

Turki terbukti bukanlah Mesir. Jika ada pelajaran di hari-hari gelap bagi demokrasi di Timur Tengah, itu adalah untuk orang-orang yang tinggal di sisi lain di Mediterania dan yang negaranya berdarah akibat otokrasi militer yang ‘dipuji’ sebagai revolusi kedua.

Bukan untuk pertama kalinya sejak 2011, otokrat seluruh wilayah harus gemetar pada saat itu. Kekuatan demokratis yang dapat melucuti tentara, dapat melucuti mereka juga.

Oleh : David Hearst @davidahearst
David Hearst adalah editor-in-chief dari Middle East Eye. Dia adalah mantan pemimpin penulis asing di The Guardian, Associate Foreign Editor, European Editor, Moscow Bureau Chief, European Correspondent, dan Ireland Correspondent. Artikel ini pertama kali diterbitkan oleh Middle East Eye.


Sumber : http://www.middleeastupdate.net/bagaimana-iphone-mampu-mengalahkan-tank-di-turki/ DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment