Gulen Dibalik Dalang Kudeta Turki


Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menuding aksi kudeta militer Turki yang terjadi pada Jumat kemarin atau Sabtu, 16 Juli 2016, pada dini hari ini dilakukan oleh pendukung tokoh agama Fethullah Gulen.

Gulen merupakan seorang tokoh agama muslim yang berbasis di Amerika Serikat. Dia diduga berupaya menggalang dukungan para pengikutnya di militer dan pengadilan.

"Saya yakin para pelaku kudeta ini tidak akan berhasil," kata dia dalam wawancara dengan cNN Turki lewat aplikasi FaceTime. Ini merupakan tanggapan pertama Erdogan atas aksi kudeta militer.

Dia juga meminta masyarakat Turki untuk turun ke jalan, lapangan alun alun, bandara dan tempat publik lainnya untuk melawan aksi kudeta ini, sepeti dilaporkan media Telegraph.

"Saya tidak percaya ada kekuatan lebih hebat dari pada kekuatan rakyat," kata dia. Menurut Erdogan, aksi kudeta ini dilakukan oleh segelintir tentara.

Dia meyakini masalah ini bisa diselesaikan secara cepat.

Sementara itu, menurut pernyataan sekelompok tentara di stasiun televisi TRT, dewan damai dibentuk untuk mengambil alih pemerintahan Turki. Dewan ini akan melindungi semua warga negara. Militer juga menyatakan menerapkan hukum darurat militer. Stasiun televisi ini sudah tidak mengudara lagi sejak pernyataan itu disiarkan. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment