LOGO HUT RI MIRIP LENCANA MILITER AS


Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) angkat suara ihwal logo hari ulang tahun ke-71 Republik Indonesia yang memiliki kemiripan dengan gambar lencana Divisi Infanteri ke-71 Amerika Serikat. Bekraf menganggap kemiripan tersebut hal yang wajar.

“Logo yang berdasarkan angka itu memang ada kecenderungan mirip,” ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf saat ditemui di Jakarta, Selasa, 26 Juli 2016. Ia menambahkan, angka 7 dan 1 bentuknya sudah pasti seperti itu dan tak mungkin berbeda. Keaslian logo HUT ke-71 RI ini sudah diklarifikasi penciptanya, yakni Sekretaris Jenderal dari Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI).

Ia mengatakan tidak ada hal baru dalam desain. Triawan mengilustrasikan, logo-logo HUT RI sebelumnya bila dicari dalam mesin pencari pasti akan memiliki kesamaan dengan logo lain. “Coba googling saja angka 45, logo 45. Ada ratusan logo yang mirip 45, kan?” katanya.

Beredar kabar di dunia maya yang menyatakan bahwa logo HUT ke-71 RI memiliki kemiripan dengan gambar lencana Divisi Infanteri ke-71 Amerika Serikat. Bahkan disebut-sebut logo HUT ke-71 RI tersebut meniru logo Divisi Infanteri ke-71 Amerika.

Pada logo HUT ke-71 RI, angka 7 dan 1 ditampilkan berdampingan. Bentuknya mirip dengan angka yang sama pada gambar lencana Divisi Infanteri ke-71 Amerika. Keduanya sama-sama menunjukkan angka 7 dan angka 1 serong ke kanan.

Bedanya, pada logo HUT ke-71 RI, hanya ada dua warna, yakni merah dan putih, dengan kata-kata “Indonesia Kerja Nyata” di pojok kanan atas. Angka 7 dan angka 1 ditampilkan dengan warna putih. Kemudian lingkarannya tampil bergeser sehingga tak utuh bulat.

Adapun pada gambar lencana milik militer Amerika Serikat itu, angka 7 dan angka 1 berwarna biru. Keduanya terletak di dalam lingkaran penuh bulat berwarna merah dengan latar belakang putih. [beritaislam24h.com / tc] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment