Mengapa Kudeta Militer di Turki Hanya Bertahan 5 Jam


1. Sebelum Erdogan muncul, belum ada sama sekali rakyat yang berkumpul turun ke jalan-jalan. Mereka semua hanya dalam posisi “menonton”.

Kemudian tampillah Erdogan berbicara kepada rakyatnya melalui telepon, dan video/gambar ini segera tersebar, dimana sang pemimpin dengan jelas meminta rakyat untuk turun melawan kudeta. Situasi berubah 180 derajat, rakyat turun memenuhi jalan-jalan dan mengepung kendaran-kendaraan militer sehingga gagal digerakkan.

2. Erdogan dan partainya mampu membangun loyalitas dan kepercayaan pada dirinya di dalam internal militer dan pemerintahan, ia memiliki pengaruh yang kuat dalam militer.

3. Berlanjut dengan statemen-statemen dari pemimpin Turki, bahkan juga pihak oposisi, yang menjadikan rakyat semakin yakin bahwa jumlah kudeta adalah kelompok kecil yang bisa diatasi.

4. Kesimpulannya : Statemen tegas pemimpin yang memberikan arahan pada rakyat apa yang harus dilakukan dan kokohnya militer yang mendukung legalitas pemerintahan dan rakyat yang sadar dan peduli, serta kondisi perpolitikan yang penuh mendukung Erdogan dan negara, menjadikan kudeta ini gagal hanya dalam 5 jam saja. []

Sumber: FB Dr. Ali Syalabi (Pakar Sejarah dan Penulis Buku-buku Siroh) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment