Presiden Erdogan Marah Kepada Pemimpin Barat : Urus Bisnis Anda Sendiri


Presiden Turki mengkritik negara-negara Barat karena gagal  menunjukkan solidaritas dengan Ankara  atas upaya kudeta yang gagal, demikian Aljazeera Sabtu (30/7)

Erdogan menegaskan, negara-negara yang lebih mengkhawatirkan nasib pelaku kudeta dari pada nilai-nilai demokrasi, tak bisa bersahabat dengan Turki.

Berbicara di istana presiden di Ankara Jumat, Erdogan mengatakan para pemimpin Barat yang mengkritik reaksi pemerintah Turki atas kudeta k 15 Juli  sebaiknya (para pemimpin Barat itu)  "mengurus diri mereka sendiri".

"Ketika 5-10 orang meninggal dalam serangan teror, Anda [negara-negara Barat]  sesungguhnya telah membuat seluruh  dunia terbakar," katanya. "Tapi bila ada upaya kudeta terhadap presiden Republik Turki, yang selalu melindungi sistem parlementer yang demokratis dan yang terpilih dengan 52 persen suara dalam pemilihan umum,  Anda bukannya berpihak pada pemerintah, tapi Anda malah berpihak pada pelaku kudeta."

Erdogan mengatakan ia menarik semua tuntutan hukumyang  diajukan terhadap orang yang telah  menghina dia. Dalam pidatonya di istana presiden, Erdogan menegaskan bahwa tuntutannya lebih disebabkan karena   dipicu oleh perasaan persatuan melawan upaya kudeta. "Saya memaafkan mereka," katanya.

Sebelumnya, Erdogan juga mengkritikKkepala Komando Umum AS yang telah mencela kebijakan keras atas militer Turki yang dianggap   merugikan dalam kerangka memerangi  ISIS. "Saya prihatin bahwa itu akan berdampak pada tingkat kerjasama dan kolaborasi yang kita miliki dengan Turki yang telah sangat baik," kata Jenderal Joseph Votel  berbicara pada Forum Keamanan Aspen di Colorado, AS.

Erdogan langsung menanggapi dengan sangat marah : "Tahu tempat posisi  Anda" kata Erdogan, "Jenderal AS Joseph Votel berdiri mendukung komplotan kudeta  dengan kata-katanya. Dia mengungkapkan dirinya melalui pernyataannya, "kata Erdogan.

Ia  juga  mengulangi seruan kepada  Amerika agar  mengekstradisi Fethullah Gulen, ulama berbasis Pennsylvania yang  oleh Turki dituduh sebagai dalang kudeta.(SI) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment