3 Juta rakyat Turki turun ke jalan Sambil Teriakkan : "Engkau adalah hadiah dari Allah, Erdogan"

Lebih dari 3 juta warga Turki berkumpul di Istanbul pada hari Minggu untuk parade raksasa yang mengecam kudeta gagal.

Apel akbar juga menjadi unjuk kekuatan atau dukungan pada pemerintah Turki dalam menghadapi kritikan Barat atas pembersihan dan penahanan para pelaku/pendukung kudeta berdarah 15 Juli.

Acara bertema "pawai untuk Demokrasi dan para Syuhada" (korban kudeta) berlangsung di kawasan Yenikapi, lahan khusus parade di tepi laut, selatan semenanjung Istanbul.

Aksi massa ini menjadi puncak setelah tiga minggu demonstrasi oleh pendukung Erdogan, dihiasi dengan bendera Turki dalam jumlah sangat banyak.

Nampak pula spanduk loyalitas (wala') pada sang presiden, yang bertuliskan "Engkau adalah hadiah dari Allah, Erdogan" atau "Perintahkan kami untuk mati dan kami akan melakukannya".

Foto Erdogan juga disandingkan dengan bapak Turki sekuler, Mustafa Kemal Ataturk. Yang bisa berarti makin kuatnya posisi Erdogan di tatanan negara Turki menurut para pendukungnya.

Uniknya, parade besar kali ini juga menjadi pertama kalinya setelah beberapa dekade, partai-partai oposisi utama ikut bergabung dalam sebuah unjuk rasa yang digelar untuk mendukung pemerintah.

Diantaranya adalah Partai Rakyat Republik (CHP) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP), yang masing-masing diberi kesempatan berbicara pada massa.

Tapi partai pro-Kurdi HDP, partai terbesar ketiga di parlemen, tidak diundang karena diduga terkait militan PKK, memicu kemarahan para pendukungnya di media sosial.

DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment