Akhlak Menakjubkan Pasukan Turki di Suriah: Tak Menjarah Rumah, Memilih Tidur di Jalanan


JARABULUS - Para Rabu (24/8) kemarin, pasukan khusus Turki bahu membahu dengan mujahidin Tentara Pembebasan Suriah (Free Syrian Army/FSA) telah berhasil mengambil kontrol Kota Jarabulus Suriah utara dan mengusir ISIS yang selama ini menguasai wilayah perbatasan Suriah-Turki tersebut.

Dibalik kemenangan pasukan mujahidin pimpinan Turki ini di Jarabulus, ada satu pemandangan menakjubkan yang sedang hangat diperbincangkan, yaitu akhlak pasukan pimpinan Turki ini.

Dalam foto-foto yang banyak beredar di situs-situs lokal Suriah maupun Turki dan viral di sosial media tampak pasukan Turki dan mujahidin FSA tidur di jalan-jalan.
"Akhlak mujahidin dibawah pimpinan Turki, melarang untuk menjarah dan merampas harta rakyat.. Mereka lebih memilih tidur di jalanan." Demikian tulis keterangan foto.
Pemandangan ini sangat kontras dengan saat ISIS menguasai suatu wilayah dimana warga/penduduk resah. Jangankan harta,nyawa pun melayang. Akhirnya harus mengungsi.

Dilaporkan kantor berita Turki Anadolu Agency, Kamis (25/8), para pengungsi mulai kembali ke Jarabulus Kamis setelah pasukan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang dibantu special force Turki berhasil membebaskan kota dari ISIS sebagai bagian dari operasi militer Turki di Suriah untuk membersihkan unsur-unsur teroris sepanjang perbatasan negara itu.

Menurut koresponden Anadolu Agency yang memasuki kota, pasukan FSA telah bekerja untuk memastikan bahwa kehidupan kembali normal secepat mungkin.

Para komandan FSA, yang berbicara kepada Anadolu Agency mengatakan bahwa militan ISIS telah melarikan diri dari kota, tetapi anggota FSA sedang mencari setiap bom yang mungkin telah ditanam oleh ISIS.

Mohammed Kenkeri, salah satu warga pengungsi, mengatakan bahwa ia senang untuk kembali ke kampung halamannya, dan mengucapkan terima kasih kepada Turki atas dukungannya dalam membersihkan wilayah ISIS.

"Saya berharap perdamaian ini akan dipertahankan dan hal-hal akan kembali normal lagi," katanya.

Panglima Pasukan Khusus Turki, Jenderal Zekai Aksakalli juga mengunjungi Jarabulus pada Kamis dan melakukan beberapa inspeksi.

Sumber: Anadolu Agency, Suriyehaberajansi DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment