AS melakukan transaksi rahasia dengan mengirim uang cash 400 juta dollar ke Iran sebagai tebusan


WASHINGTON-Pemerintah Obama diam-diam menyelenggarakan airlift (pengiriman uang cash) sebesar $ 400 juta untuk Iran yang bertepatan dengan pembebasan empat orang warga Amerika yang ditahan di Teheran pada bulan Januari, menurut pejabat AS dan Eropa dan penjelasan staf kongres tentang operasi sesudahnya.

Dana yang dikirim berupa mata uang euro, franc Swiss dan mata uang lainnya diterbangkan ke Iran pada pesawat kargo tanpa tanda, menurut pejabat tersebut. AS memperoleh uang dari bank sentral Belanda dan Swiss, kata mereka.

Uang tersebut adalah angsuran pertama dari penyelesaian kesepakatan $ 1.7 miliar antara Obama dengan Iran untuk menyelesaikan sengketa puluhan tahun atas kesepakatan senjata yang gagal ditandatangani sebelum jatuhnya raja terakhir Iran tahun 1979, Shah Mohammad Reza Pahlavi.

Pembayaran, untuk menyelesaikan klaim sebelum pengadilan internasional di Den Haag, juga bertepatan dengan pelaksanaan secara resmi perjanjian nuklir yang dicapai antara Teheran, AS dan kekuatan dunia lainnya musim panas sebelumnya.

“Dengan dilaksanakannya kesepakatan nuklir dan tahanan yang dibebaskan, adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikan sengketa ini,” kata Presiden Barack Obama di Gedung Putih pada 17 Januari-tanpa mengungkapkan pembayaran tunai $ 400 juta.

Pejabat senior AS membantah adanya hubungan antara pembayaran dan pertukaran tahanan. Mereka mengatakan bahwa waktu pembayaran yang bersamaan adalah sebuah kebetulan, bukan hasil dari quid pro quo.

“Seperti yang telah kami jelaskan, negosiasi atas penyelesaian klaim yang luar biasa … benar-benar terpisah dari diskusi tentang pulangnya kembali warga Amerika,” ungkap juru bicara Departemen Luar Negeri John Kirby. “Tidak hanya dua negosiasi terpisah, tetapi juga dilakukan oleh tim yang berbeda di setiap sisi, termasuk, dalam kasus klaim The Hague, oleh para ahli teknis yang terlibat dalam negosiasi ini selama bertahun-tahun.”

Namun para pejabat AS juga mengakui bahwa negosiator Iran pada pertukaran tahanan mengatakan mereka ingin uang tunai untuk menunjukkan bahwa mereka telah memperoleh sesuatu yang nyata.

Senator Tom Cotton, seorang Republikan dari Arkansas dan penentang dari kesepakatan nuklir Iran, menuduh Presiden Barack Obama membayar “uang tebusan $ 1,7 miliar kepada Ayatullah untuk sandera AS.”

“Keputusan ini dan kebijakan AS yang sudah berjalan lama dengan memberi harga pada kepala orang Amerika, telah menyebabkan Iran untuk melanjutkan perampasan ilegal” dari Amerika, katanya.

Sejak pengiriman uang tunai, badan intelijen IRGC telah menangkap dua warga Iran-Amerika. Teheran juga telah menahan pemilik kewarganegaraan ganda dari Perancis, Kanada dan Inggris dalam beberapa bulan terakhir.

Pada saat pembebasan tahanan, Menteri Luar Negeri John Kerry dan Gedung Putih menggambarkan hal tersebut sebagai sebuah terobosan diplomatik. Kerry mengutip pentingnya “menjalin hubungan dan saluran diplomatik selama pembicaraan nuklir.”

Sementara itu, para pejabat AS mengatakan mereka yakin Washington akan kehilangan arbitrase di Den Haag, di mana Iran sedang mencari lebih dari $ 10 miliar, dan menggambarkan pembayaran sebagai tawar-menawar untuk pembayar pajak.

Laporan pers Iran mengutip pejabat pertahanan senior Iran menggambarkan uang tunai tersebut adalah sebagai pembayaran uang tebusan. Kementerian luar negeri Iran tidak menanggapi saat dimintai komentar.

$ 400 telah dibayar dalam mata uang asing karena setiap transaksi dengan Iran dalam dolar AS adalah ilegal di bawah hukum AS. Sanksi juga mempersulit akses Teheran untuk berhubungan dengan bank-bank dunia.

“Kadang-kadang Iran ingin uang tunai karena begitu sulit bagi mereka untuk mengakses hal-hal dalam sistem keuangan internasional,” kata seorang pejabat senior AS memberi penjelasan tentang pengiriman uang tunai pada Januari. “Mereka tahu bisa menghabiskan waktu beberapa bulan hanya untuk mencari cara untuk mentransfer uang dari satu tempat ke tempat lain.”

Pemerintahan Obama telah menolak untuk mengungkapkan bagaimana cara membayar sebagian dari $ 1,7 milyar meskipun telah diminta oleh kongres, dan mengatakan bahwa itu tidak dibayar dalam dolar. Anggota parlemen telah menyatakan keprihatinan bahwa uang tersebut akan digunakan oleh Iran untuk membiayai sekutu regional mereka, termasuk rezim Assad di Suriah dan milisi Hizbullat Lebanon, yang oleh AS dianggap sebagai organisasi teroris.

AS dan PBB percaya Teheran memberikan subsidi perang untuk rezim Assad di Suriah dengan dana tunai dan pengiriman energi. Iran telah mengaku menyediakan baik bantuan keuangan dan militer kepada Bashar al-Assad dan mengerahkan tentara Iran di sana.

Tapi John Brennan, direktur Central Intelligence Agency,  pekan lalu berdalih bahwa ada bukti banyak uang yang telah diterima Iran dari bantuan sanksi sedang digunakan untuk proyek-proyek pembangunan. “Uang itu, pendapatan yang mengalir ke Iran sedang digunakan untuk mendukung mata uangnya, untuk memberikan dana kepada departemen dan lembaga, membangun infrastruktur,” kata Brennan dalam sebuah konferensi di Aspen, Colorado.

AS dan Iran mengadakan negosiasi rahasia untuk menjamin pembebasan warga Amerika yang dipenjara di Iran pada November 2014, menurut pejabat AS dan Eropa. Menteri Luar Negeri Swiss, Didier Burkhalter, menawarkan untuk menjadi tuan rumah negosiasi ini.

Swiss telah mewakili kepentingan diplomatik AS di Iran sejak Washington menutup kedubesnya di Teheran menyusul krisis penyanderaan 1979.

Aparat Iran menangkap dua warga Iran-Amerika pada masa jabatan pertama Presiden Obama. Pada bulan Juli 2014, agen intelijen IRGC menahan kepala biro Washington Post di Teheran, Jason Rezaian, dan menuduhnya melakukan spionase.

Warga Iran-Amerika keempat ditangkap tahun lalu. Seorang mantan agen FBI, Robert Levinson, menghilang di pulau Iran Kish pada tahun 2007. Keberadaannya tidak diketahui sampai saat ini.

Saluran Swiss awalnya melihat sedikit aktivitas, menurut pejabat tersebut. Tapi momentum bergeser setelah Teheran dan kekuatan dunia menyetujui kesepakatan akhir pada bulan Juli 2015 untuk membatasi program nuklir Iran dengan imbalan pencabutan sanksi internasional. Banyak pertemuan kemudian dilaksanakan di kota tepi danau Swiss Jenewa pada bulan November dan Desember.

Delegasi AS dipimpin oleh utusan khusus Deplu, Brett McGurk, juga termasuk wakil dari Badan Intelijen Pusat dan Federal Bureau of Investigation, menurut pejabat AS dan Eropa. Tim Iran sebagian besar diwakili oleh anggota dari layanan mata-mata domestik, menurut pejabat AS.

Diskusi, diadakan di InterContinental Hotel, awalnya difokuskan hanya pada formula dimana Iran akan menukar warga Amerika yang ditahan di Teheran dengan warga negara Iran yang ditahan di penjara AS, kata para pejabat AS. Tapi sekitar Desember, diskusi mulai dihubungkan dengan arbitrase di Den Haag mengenai kesepakatan senjata.

Iran menuntut kembalinya dana sebesar $ 400 juta yang disetorkan rezim Shah kepada perwalian Pentagon pada tahun 1979 untuk membeli jet tempur AS, kata para pejabat AS. Mereka juga ingin miliaran dolar sebagai ganti bunga sejak saat itu.

Presiden Obama menyetujui pengiriman $ 400 juta. Tapi mengumpulkan uang sebanyak itu menyebabkan masalah logistik dan keamanan, kata pejabat AS dan Eropa. Satu orang yang bercanda tentang operasi tersebut menyatakan: “Anda tidak bisa menarik uang sebanyak itu dari ATM.”

Kerry dan departemen Perbendaharaan AS menjalin kerjasama dengan pemerintah Swiss dan Belanda. Pada akhirnya, pemerintahan Obama mengirim dana setara $ 400 juta ke bank-bank sentral mereka. Yang kemudian diubah menjadi mata uang lainnya, ditumpuk ke dalam kotak kayu dan dikirim ke Iran dengan pesawat kargo.

Pada pagi hari 17 Januari, Iran membebaskan empat orang Amerika: Tiga dari mereka naik jet Angkatan Udara Swiss dan terbang ke Jenewa, dan yang keempat kembali ke AS. Sebagai imbalannya, AS membebaskan tujuh warga Iran dan memenuhi permintaan ekstradisi untuk 14 orang lainnya.

Pejabat AS dan Eropa tidak akan mengungkapkan kapan tepatnya pesawat yang membawa $ 400 juta mendarat di Iran. Tapi laporan situs berita Iran yang berafiliasi dengan Garda Revolusi, Tasnim Agency, mengatakan uang tunai tiba di bandara Mehrabad Teheran pada hari yang sama saat warga Amerika berangkat.

Komandan IRGC membual pada saat itu bahwa Amerika telah menyerah pada tekanan Iran. “Membawa kembali uang sebanyak ini adalah imbalan bagi pembebasan mata-mata Amerika,” kata Jenderal Mohammad Reza Naghdi, komandan milisi Basij Guard, pada media pemerintah.

Di antara warga Amerika yang saat ini ditahan adalah seorang eksekutif energi bernama Siamak Namazi dan ayahnya yang berusia 80 tahun, Baqer, menurut pejabat AS dan Iran. Juru bicara pengadilan Iran bulan lalu mengkonfirmasi Teheran telah menangkap warga Amerika ketiga, yang diyakini penduduk San Diego bernama Reza “Robin” Shahini.

Teman dan keluarga Namazis percaya Iran sedang berusaha untuk meningkatkan pengaruh mereka untuk memaksa pertukaran tahanan lainnya atau pembayaran tunai dalam enam bulan terakhir pemerintahan Obama.

Para pejabat Iran telah menuntut dalam beberapa pekan terakhir kepada AS untuk mengembalikan $ 2 milyar dana Iran yang dibekukan di New York pada tahun 2009. Mahkamah Agung baru-baru ini memutuskan bahwa uang teresbut harus diberikan kepada korban serangan teror yang didalangi Iran.

Anggota Kongres sedang mencari cara untuk meloloskan peraturan yang mencegah pemerintahan Obama melakukan pembayaran tunai lebih lanjut untuk Iran. Salah satu nota menuntut Gedung Putih untuk membuat rincian publik tentang dana $ 1.7 miliar yang akabn di transfer ke Iran.

“Presiden Obama … melakukan pembayaran ke Iran pada bulan Januari, yang sekarang kita ketahui digunakan untuk mendanai ekspansi militer Iran, adalah contoh mengerikan dari pemerintahan eksekutif,” kata Senator James Lankford (R., Okla.), Yang ikut menulis nota. “Mensubsidi militer Iran mungkin penggunaan pembayar pajak dollar terburuk yang pernah dilakukan oleh seorang presiden Amerika.”

Sumber : The Wall Street Journal DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment