Buah-buahan Israel Banjiri Pasar-pasar Yordania


Belakangan ini di pasar-pasar Yordania tersebar buah-buahan produk petani Zionis dan dijual dengan harga lebih murah dari hasil buah-buahan lainnya sehingga menggiurkan para konsumen untuk membelinya.

Berdasarkan pantauan Koresponden Pusat Informasi Palestina di pasar-pasar Yordania yang menjual sayuran dan buah-buahan, terlibat sebagian produk Zionis. Namun sebagian pedagang membuang label yang ada pada buah-buahan mangga yang menunjukkan bahwa buah-buahan tersebut produk dari entitas Zionis.
Berdasarkan keputusan kementrian industri dan perdagangan Yordania, para importir diwajibkan menempelkan label pada semua buah termasuk buah mangga yang diimpor dari entitas Zionis. Hal ini dilakukan agar warga punya pilihan untuk membeli atau memboikotnya.

Sebagian pedangan beralasan, kenapa mereka menjual buah-buahan atau mangga dari Zionis, mereka mengatakan, “Kami terpaksa karena harga dan keuntungannya lebih baik bagi kami para pedagang.”
Terkait dengan pecopotan label produk Israel, para pedagang beralasan kalau komsumen tahu bahwa itu adalah produk Israel mereka tidak akan membelinya meskipun harganya jauh sanga murah dibandingkan dengan produk inpor dari negara-negara lain. “Karena itu kami terpaksa membuang label. Sehingga para komsumen mengira itu dari negara lain seperti India, Sudan atau Pakistan,” terangnya.

Komite Perlindungan Tanah Air dan Kontra Normalisasi  Yordania dengan Israel menyerukan kepada warga agar tidak membeli buah-buahan dari israel dan memastikan adanya label pada produk yang akan dibelinya.
Sementara itu ketua Organisasi Importis Produk Pertanian Sulaiman Hayari, menegaskan bahwa kementrian pertanian Yordania tidak memiliki keputusan untuk mencegah impor hasil pertanian dari Israel karea adanya perjanjian damai Yordania-Israel yang memperbolehkan ekspor impor dan kerjasama perdagangan antara kedua belah pihak dengan bebas tanpa batasan.

Sulaiman Hayari meminta pengetatan pemantauan terhadap hasil-hasil pertanian yang diimpor dari enttias Zionis ke pasar-pasar lokal Yordania. Karena itu dia menegaskan pentingnya pemasangan label yang ditempel pada produk tersebut agar komsumen mengatahui asal produk tersebut. (asw) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment