CADAS! USAI BERTEMU PUTIN, ERDOGAN LANGSUNG ULTIMATUM AS

Pasca pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di St. Petersburgh, Selasa (9/8), Erdogan makin berani menantang AS.

Presiden Recep Tayyip Erdogan memberi ultimatum kepada AS dan mengulang permintaan Ankara untuk ekstradisi Fetullah Gulen, yang dituduh mendalangi kudeta 15 Juli lalu.

“Cepat atau lambat, AS akan membuat pilihan. Entah Turki atau FETO (kelompok Fetullah Gulen),” kata Erdogan Rabu (10/8).

“Entah teroris perencana kudeta (FETO) atau negara demokrasi Turki. Hal ini akan menjadi pilihan (AS),” katanya, mengacu pada pimpinan Organisasi Teroris Fetullah Gulen (FETO) bahwa Ankara mengatakan upaya kudeta berdarah telah direncanakan melalui oknum dalam militer.

Erdogan menyampaikan pernyataan itu saat berpidato dihadapan lautan massa di depan Istana Presiden di ibukota Ankara.

[video]
Erdogan juga mengumumkan bahwa pertemuan massa di Ankara itu adalah malam terakhir dari aksi unjuk rasa pro-demokrasi yang telah digelar rakyat Turki sejak 15 Juli. Setelah ini, kehidupan di Turki akan berjalan normal kembali.
 Pertemuan harian, yang telah menarik ratusan ribu orang yang ingin menunjukkan oposisi mereka terhadap kudeta 15 Juli itu, memuncak pada Minggu dalam lautan manusia di Istanbul. Diperkirakan, 5 juta orang telah hadir, menurut pejabat setempat.

Erdogan memperingatkan warga, untuk tetap selalu waspada. Ia mengatakan, “pengkhianatan bisa datang dari mana saja dan oleh siapa saja. Ia juga menyarankan bahwa tidak ada perbedaan antara kelompok-kelompok teroris, seperti PKK, Daesh (ISIS) dan kelompok FETO Fetullah Gulen yang berbasis di AS.

“Mereka yang mengikuti dukun berbasis di Pennsylvania yang menjual jiwanya kepada setan, atau Daesh, yang menumpahkan darah Muslim, atau PKK yang juga telah menumpahkan darah selama 30 tahun untuk membagi negara dan bangsa, semua akan kehilangan pada akhirnya,” ungkapnya.

Erdogan menekankan slogannya: “satu bangsa, satu bendera, satu tanah air, dan satu negara.”
Tentang pemulihan kemungkinan hukuman mati di Turki bagi mereka yang terlibat dalam kudeta, Erdogan menegaskan pendiriannya bahwa keputusan akan diserahkan kepada anggota parlemen Turki di parlemen. Ia mengatakan akan menyetujui pemberlakuan kembali hukuman mati jika parlemen menyetujui.

Hukuman tersebut dapat dikenakan pada Gulen juga, yang dituduh memimpin kampanye lama untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi lembaga Turki, khususnya militer, polisi dan peradilan, membentuk apa yang dikenal sebagai “negara paralel”.

Pemerintah Turki mengatakan kudeta, yang mengakibatkan 240 orang tewas dan hampir 2.200 terluka, dilakukan oleh pengikut Gulen, yang telah tinggal di pengasingan Pennsylvania sejak tahun 1999.

“Kami pasti akan memanggil pembunuh untuk memperhitungkan [atas kejahatan mereka]. Kami akan menjatuhkan hukuman terberat,” kata Perdana Menteri Binali Yildirim, yang mengambil panggung Rabu malam untuk mengatasi kerumunan sebelum Erdogan.

Memuji Turki sebagai “pahlawan demokrasi,” Yildirim menambahkan, “Komplotan kudeta percaya bahwa mereka akan mengalahkan bangsa, tetapi mereka keliru.”

Pada malam upaya kudeta, Erdogan mendesak warga Turki untuk turun ke jalan menentang kudeta. Panggilan itu mendapatkan respon yang luar biasa. Ribuan orang turun ke jalan untuk menentang tank dan peluru di kota-kota besar dan jutaan orang mengambil bagian dalam demonstrasi anti-kudeta di seluruh negeri. [beritaislam24h.com / ppc] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment