Nasib Sial Adik Ahok, Di Belitung Timur Dikalahkan Kakak Yusril, Sekarang Gagal Jadi Cagub Babel


Di kampungnya sendiri, ternyata keluarga Ahok tidak mendapatkan tempat di hati masyarakat. Adalah adik Ahok, Basuri Tjahaja Purnama, yang dua kali secara beruntun kalah dalam pertarungan politik.

Basuri, pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, ditumbangkan oleh Yuslih Ihza Mahendra, kakak kandung Yusril Ihza Mahendra untuk memperebutkan kursi Bupati Belitung Timur. Padahal saat itu posisi Basuri adalah incumbent.

Sekarang, Basuri terpaksa harus gigit jari, karena niatnya untuk maju dari jalur perseorangan untuk Pilgub Bangka Belitung 2017 gagal total. Adik kandung Ahok itu gagal memenuhi data dukungan kartu tanda penduduk.

Ketua Tim Relawan Sahabat Basuri, Erdian, beralibi pencalonan Basuri melalui jalur perseorangan dibatalkan karena ketidaksiapan administrasi dalam memasukkan data dukungan KTP.

"Sampai hari terakhir pendaftaran, kami baru menginput 53.700 dukungan KTP. Jumlah tersebut masih di bawah ketentuan KPU. Untuk masa perbaikan tidak akan cukup lagi waktunya," klaim Erdian di Pangkalpinang, Ahad (7/8/2016) seperti dikutip Kompas.com.

Erdian mengklaim jumlah yang telah dikumpulkan dari masyarakat sudah mencapai 112.000 KTP. Angka tersebut melebihi syarat dari KPU Bangka Belitung, yakni sebanyak 92.694 dukungan.

"Hanya karena kami terbatas dalam sumber daya sehingga data yang diinput baru sebanyak 53.700. Karena itu, kami menyatakan tak mungkin lagi didaftarkan," alasannya.

Sementara itu, Basuri mengaku kecewa karena batal maju melalui jalur perseorangan. Ia tidak bisa berbuat banyak karena jika tetap mendaftarkan diri, maka akan dinyatakan gugur oleh Komisi Pemilihan Umum.

"Mau tidak mau, kami akui ini terpaksa dibatalkan. Kami menyampaikan maaf terhadap anggota masyarakat yang telah memberi dukungan," kata bekas Bupati Belitung Timur tersebut.

Hingga saat ini, Basuri belum bisa memastikan apakah maju melalui partai politik atau tidak sebab namanya tidak masuk dalam bursa Cagub di kalangan parpol.

Sementara itu, Ketua KPU Bangka Belitung Fahrurrozi memastikan bahwa hingga hari terakhir pendaftaran calon perseorangan, tidak ada satu pun yang mendaftar. Maka itu, Pilkada Bangka Belitung 2017 dipastikan tanpa calon kepala daerah dari jalur independen.

"Tidak ada perpanjangan jadwal karena belum ada aturan yang mengatur soal itu," jelas Fahrurrozi. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: