Recep Tayyip Erdogan: «Pemimpin Barat memilih untuk meninggalkan rakyat Turki untuk berjuang sendiri»


Tiga minggu setelah usaha kudeta yang mengguncang Turki pada malam 15 Juli, Presiden Recep Tayyip Erdogan menerima wartawan dari Le Monde, pada Sabtu 6 Agustus di Istanbul. Ini adalah wawancara pertamanya dengan pers Barat sejak peristiwa kudeta. Selain karena banyak memberi kritikan atas upaya pembersihan pelaku kudeta, kepala negara Turki mengecam pemimpin Eropa dan Amerika karena tidak memiliki «empati» dan dukungan untuk Turki. Sebelum bertemu Vladimir Putin pada hari Selasa di Saint-Petersburg, Erdogan menyatakan kemungkinan batalnya kesepakatan dengan Uni Eropa (UE) pada masalah pengungsi serta hak asasi manusia.

“Selama upaya kudeta, sejumlah pemimpin dunia Barat menghubungi saya melalui telepon. Itu tidak cukup. Kami tidak menghadapi serangan teroris biasa. Kami telah menderita dengan 240 syuhada dan 2.200 orang telah terluka. Seluruh dunia mengambil sikap ketika Charlie Hedbo diserang. Perdana Menteri kami bergabung dalam pawai di jalan-jalan Paris. Saya berharap para pemimpin dunia bereaksi dengan cara yang sama dengan apa yang terjadi di Turki dan bahwa mereka tidak akan hanya menggunakan beberapa klise untuk mengutuk kudeta. Atau mereka bisa datang ke sini.”

“Dunia Barat tidak konsisten di sini dengan nilai-nilai yang mereka dukung. Dunia Barat seharusnya menunjukkan solidaritas dengan Turki, sama seperti nilai-nilai demokratis yang mereka adopsi. Sayangnya pemimpin Barat telah memilih untuk meninggalkan rakyat Turki untuk berjuang sendiri. Barat seharusnya tidak direpotkan tentang jumlah orang yang ditangkap atau dipecat. Sebuah negara memiliki hak untuk memperkerjakan dan memberhentikan pegawai negeri sipil sesuai keinginan, dan Turki tidak pernah ikut campur dalam hal ini di Barat. Terserah pada kami untuk memutuskan siapa yang kami inginkan tetap bekerja dan yang ingin kami berhentikan. Pemerintah harus tahu tempat mereka. Kami berjuang melawan upaya kudeta, melawan teroris. Dunia Barat harus memahami apa yang kami hadapi.”

“Ketika Mr Putin menelepon saya untuk menyatakan bela sungkawa, ia tidak mengkritik saya tentang jumlah orang dari dinas militer atau sipil yang telah diberhentikan. Sedangkan semua orang Eropa bertanya: mengapa begitu banyak tentara yang ditahan, mengapa begitu banyak PNS dipecat? Anda harus benar-benar memahami peristiwa yang telah kami lalui sebelum mengambil keputusan: Parlemen dan kantor badan intelijen telah dibom. Bahkan Kompleks Presiden diserang oleh pesawat tempur; enam syuhada kehilangan nyawa mereka. Alih-alih menunjukkan empati, para pemimpin Barat menunjukkan reaksi yang berlawanan. Hal ini membuat kami sedih dan itu tidak dapat diterima.”

Apakah Anda mempertimbangkan membina kembali hubungan Anda dengan dunia Barat, apakah itu dengan Uni Eropa (UE), NATO atau Amerika Serikat?



Ini adalah tugas dari negara-negara anggota Uni Eropa untuk mencoba dan menilai kembali hubungan mereka dengan Turki. Kami telah di berada gerbang Eropa selama lima puluh tiga tahun sampai sekarang. Uni Eropa bertanggung jawab dan bersalah untuk situasi ini. Tidak ada negara yang pernah diperlakukan dengan cara seperti Turki diperlakukan. Ketika saya berpartisipasi dalam KTT Eropa pertama saya, Uni Eropa hanya memiliki 15 negara anggota. Uni Eropa memiliki sikap bias dengan membuka negosiasi (untuk keanggotaan Turki) yang tidak pernah menang di mana saja. Ini menunjukkan kurangnya ketulusan yang sangat jelas.

Uni Eropa tidak berperilaku dalam cara yang tulus terhadap Turki. Saat ini ada 3 juta pengungsi di Turki, dan satu-satunya kekhawatiran negara-negara anggota Uni Eropa adalah bagaimana supaya para pengungsi tidak mencapai wilayah mereka. Uni Eropa menyarankan Kami menerima kembali readmissions (migran yang datang dari Turki) dalam pertukaran untuk liberalisasi visa bagi warga negara Turki. Perjanjian diterima dan liberalisasi visa mulai berlaku secara bersamaan pada tanggal 1. Sekarang bulan Agustus dan liberalisasi visa masih tertunda. Jika klaim kami tidak dipenuhi, kami harus menghentikan readmissions.

Bagaimana dengan Amerika Serikat ?

Kepala organisasi teroris (yang telah mengobarkan kudeta 15 Juli) telah tinggal di Amerika Serikat sejak tahun 1999. Saya meminta Presiden Obama untuk mengekstradisi Gulen. Dia meminta saya memberikan dokumen dan bukti. Saya menunjukkan kepadanya bahwa ketika Amerika Serikat meminta teroris untuk diekstradisi, kami tidak pernah meminta apa-apa dan hanya melakukannya. Berdasarkan kemitraan strategis kami, Amerika Serikat harus mengekstradisi orang ini sejak Turki telah mengekstradisi sekitar sepuluh teroris ke Amerika Serikat. Kami mengirim 85 peti dokumen ke Amerika Serikat. Sekarang saya berharap Gulen akan diekstradisi ke Turki sesegera mungkin. Hal ini akan memungkinkan perasaan anti-Amerika di Turki diredam.

Pada tanggal 24 Agustus, Mr. Kerry [kepala diplomasi Amerika] akan datang ke Turki untuk kunjungan resmi. Ini terlambat, sangat terlambat. Hal ini membuat kami sedih. Apa lagi yang Amerika butuhkan? Turki menghadapi kudeta dan mereka butuh 45 hari sebelum mengirim perwakilan ke Turki ? Ini mengejutkan. Ketika World Trade Center diserang (pada 2001/09/11), saya langsung bereaksi: Saya mengutuk serangan dan saya menyatakan itu sebagai kejahatan teroris. Saya berharap pejabat Amerika juga menyatakan kecaman yang lebih kuat dan datang ke Turki. Sayangnya, hal itu tidak terjadi.

Model peradaban apa yang Anda ada dalam pikiran Anda untuk Turki: Eropa atau persatuan Arab-Muslim ?

Turki adalah bagian dari dunia modern dan peradabannya tidak dibatasi. Dalam PBB, kami telah menetapkan Aliansi Peradaban (UNAOC) yang mencakup 146 negara anggota karena kami menolak teori Samuel Huntington – benturan peradaban. Proyek kami adalah tidak parsial maupun lokal.

Pada tanggal 9 Agustus, Anda akan bertemu Vladimir Putin di Saint-Petersburg. Apakah Anda merasa lebih dekat kepadanya daripada para pemimpin Barat ?

Apakah Anda menganggap Mr Putin sebagai pemimpin Timur? Saya pikir Federasi Rusia harus dipertimbangkan baik di Eropa dan negara Asia. Dunia Barat mencoba untuk mengecualikan Rusia; kami tidak. Pernah terjadi insiden pesawat Rusia (pesawat Rusia ditembak jatuh oleh dua pesawat Turki di perbatasan Turki-Suriah pada November 24, 2015), tapi kunjungan 9 Agustus telah direncanakan jauh sebelum upaya kudeta. Pertemuan ini akan menandai langkah baru dalam hubungan antara kedua negara.

Mungkinkah pemulihan hubungan dengan Rusia mengubah posisi Anda mengenai rezim Bashar Al-Assad ?

Memecahkan teka-teki Suriah membutuhkan keterlibatan beberapa pihak penting: Rusia, Turki, Iran, Arab Saudi, Qatar, Amerika Serikat. Kami selalu mendukung solusi konflik melalui perundingan secepatnya. Tapi solusi ini tidak dapat diambil jika Bashar Al-Assad masih berkuasa. Dia harus segera meninggalkan kekuasaan. Ketika dia pergi, akan ada kemungkinan untuk menemukan nama dimana semua orang dapat menyetujui dan jika pemilu diselenggarakan tanpa partisipasi Assad, transisi akan mungkin terjadi. Kami telah melakukan diskusi persiapan yang mengarah ke solusi tersebut. Hingga kini, 600.000 orang telah tewas di Suriah. Siapa yang harus disalahkan untuk ini? Assad. Kita seharusnya tidak mendukung orang yang bertanggung jawab atas kematian 600.000 warganya sendiri. Namun beberapa orang mendukungnya. Jika kita percaya pada demokrasi, kita seharusnya tidak memainkan permainan ini. Kita harus mengikuti arah lain. Saya pikir dunia Barat sedang mencoba untuk mempelajari tentang hal ini. Apakah itu Jerman, Prancis, atau Inggris, bersama-sama tentu saja dengan Rusia yang merupakan pemain penting, kita semua harus duduk di meja dan berdikusi mengapa 600.000 orang telah tewas. Hal ini sangat menyakitkan bagi saya. Fakta bahwa begitu banyak orang telah dibantai di Suriah harus mendorong kita untuk tidak mendukung Assad. Apakah benar-benar tidak ada orang lain untuk menjalankan negara ini? Beberapa mengatakan bahwa jika Assad meninggalkan kekuasaan, Daesh akan mengambil alih kekuasaan. Ini tidak akan terjadi. Bersama-sama kita bisa melawan rezim ini sama halnya kita bersama bertempur melawan Daesh. Ini adalah tugas kita untuk memberikan rakyat Suriah kemungkinan untuk memilih orang yang mereka inginkan. Ini adalah satu-satunya solusi. Kita tidak bisa menyatakan bahwa kita tidak percaya rakyat Suriah dan membiarkan orang lain menentukan masa depan negeri ini.

Apakah direbutnya kembali Aleppo oleh rezim Suriah adalah garis merah bagi Turki ?

Situasi saat ini berkembang di Suriah. Pasukan oposisi berusaha mendapatkan kembali wilayah dari rezim Suriah. Proses ini sangat rumit. Jika Aleppo jatuh [ke tangan rezim], itu akan menjadi masalah besar bagi Turki. Karena banyak dari orang-orang yang melarikan diri dari Suriah tentu menuju ke negara kami. Banyak penduduk kota-kota di perbatasan Turki, seperti Gaziantep dan Kilis misalnya, memiliki kerabat di Aleppo. Kami tidak pernah mengatakan kami akan menutup pintu. Jika ada arus baru pengungsi, kami akan menyambut mereka. Kami tidak memiliki sikap yang sama seperti orang Eropa mengenai hal ini. Kami tahu bahwa orang-orang tersebut melarikan diri pemboman, dan konsep humanis kami serta keyakinan agama kami mengharuskan kami untuk menyambut mereka. Kami telah menyambut tiga juta pengungsi. Kami akan menyambut satu juta lagi jika perlu. Kami juga menyambut pengungsi dari Irak: Yazidis, Muslim, Kristen, kami menyambut semua orang, tanpa pandang bulu. Sejauh ini, bantuan yang ditujukan untuk pengungsi mencapai sekitar 13 miliar dolar, dan 20 miliar dolar jika bantuan dari LSM disertakan. Dan kami memiliki proyek untuk masa depan. Saudara-saudara kami dari Suriah akan memiliki kemungkinan untuk menjadi warga negara Turki – kami sedang mengerjakan ini.

Apakah Anda berpikir bahwa orang yang terlibat dalam kudeta harus dihukum dengan hukuman mati ?

Keputusan ini harus datang dari rakyat. Mengenai hukuman mati, saya berpikir bahwa jika seseorang terbunuh, hanya keluarga mereka dapat memutuskan apa yang harus terjadi pada para pembunuh. Jika keluarga memutuskan untuk mengampuni mereka, mereka dapat melakukannya; tetapi tidak mungkin bagi negara untuk mengambil keputusan seperti itu. Tentu saja peradilan dapat memberikan amnesti, tetapi jika jutaan orang di negara itu menuntut hukuman mati, permintaan ini akan dipertimbangkan oleh Parlemen, yang akan memutuskan apakah perlu diberlakukan kembali, bahkan jika KUHP sudah mengatur vonis yang sangat ketat terhadap orang-orang yang terlibat dalam kudeta. Hukuman mati masih efektif di beberapa negara bagian Amerika Serikat dan di Jepang. Hal ini juga berlaku di Indonesia, Arab Saudi, Cina dan banyak negara lainnya. Dan telah dihapuskan terutama di Eropa. Itu adalah hak alami rakyat Turki untuk memutuskan apakah hukuman mati – yang belum pernah diberlakukan sejak tahun 1984 (dan dihapuskan pada tahun 2004) – harus diaktifkan kembali atau tidak. Jika DPR memutuskan untuk memberlakukan kembali hukuman mati, kami tidak akan memperhitungkan apa yang dipikirkan pihak lain, kami akan menerapkannya.

Tidakkah upaya pembersihan besar-besaran di tentara, polisi dan sistem peradilan melemahkan negara? Semua menilai Turki saat ini sedang menghadapi ancaman teroris ganda – seperti yang telah Anda sampaikan – datang baik dari Daesh dan pemberontak Kurdi PKK ?

Langkah-langkah yang tepat harus diambil untuk membasmi ancaman terhadap keamanan. Orang-orang yang ditangkap atau dipecat yang terkait dengan organisasi Gulen seharusnya tidak memiliki posisi mereka di tempat pertama. Pasukan keamanan Turki berperang melawan PKK, tetapi ada beberapa orang yang bekerja di sistem peradilan yang mendukung teroris. Bahkan tentara telah disusupi oleh anggota organisasi teroris Gulen. Kami sekarang berusaha untuk menghilangkan sel-sel kanker dan secara bersamaan juga serius memerangi Daesh dan PKK. Namun Amerika mendukung PYD di Suriah – afiliasi lokal dari PKK – dengan senjata dan bahan peledak. Jenis kemitraan seperti apa ini? Kami tidak mengerti perbedaan antara teroris yang baik dan buruk. Kami diberitahu bahwa PYD berjuang melawan Daesh dan ini membuat mereka menjadi teroris yang baik. Tapi front Al-Nusra juga berjuang melawan Daesh dan mereka dianggap sebagai teroris buruk. Kami mengklaim bahwa semua teroris buruk dan bahwa kita perlu berjuang bersama-sama untuk menghadapi semua teroris.

Anda adalah pemimpin pertama Turki yang memulai pembicaraan damai dengan PKK. Apakah ada kesempatan untuk melanjutkan negosiasi ?

Saya ingin menjelaskan sesuatu di sini: Saya tidak pernah memulai pembicaraan damai dengan PKK. Intelijen Turki pernah bertemu dengan Ocalan [pemimpin senior PKK, saat ini menjalani hukuman seumur hidup – catatan editor]. Saya belum pernah bertemu dengan teroris, bukan sebagai Perdana Menteri atau Presiden. Sebuah negara tidak bisa bernegosiasi dengan teroris. Terlalu banyak korban tewas dalam konflik dengan PKK. Ini bukan soal balas dendam, tapi soal keadilan. Negara dan semua institusi akan terus bekerja pada semua tingkatan termasuk pembangunan infrastruktur. Selama bertahun-tahun, wilayah yang diduduki oleh organisasi teroris telah kehilangan investasi. Perusahaan swasta dan publik tidak ingin pergi ke daerah ini karena kurangnya keamanan. Ada pemboman dan perusakan. Sekarang hal-hal menjadi lebih baik. Kami memiliki proyek transformasi perkotaan untuk kota di daerah tersebut. Bangunan akan dibangun kembali dan orang-orang yang telah melarikan diri zona perang akan dapat kembali dan tinggal di rumah-rumah modern, dengan sekolah-sekolah modern dan tempat ibadah yang modern.

Oposisi memihak kepada Anda untuk melawan anggota kudeta. Wakil-wakil mereka diundang ke pertemuan besar pada hari Minggu. Tapi HDP partai pro-Kurdi tampaknya akan dikeluarkan dari konsensus ini, meskipun juga telah mengutuk kudeta. Mengapa demikian ?

Partai ini mendukung teroris dan didukung oleh organisasi teroris – PKK. Selanjutnya, partai ini bukan partai rakyat Kurdi seperti klaim mereka. Kekuatan politik dengan jumlah terbesar warga asli Kurdi adalah partai yang saya dirikan – AKP. Kesalahpahaman perlu diluruskan disini. Memang benar bahwa HDP didukung oleh beberapa warga Kurdi, tapi mereka sering menggunkan teroris untuk mengancam dan memaksa warga. Ketika organisasi teroris tidak ada lagi, partai ini juga akan hilang. Mereka tak berdaya dalam pemilu Juni dan pemilu November 2015 karena warga menyadari di mana kebenaran berada. Misalnya dewan kota yang dijalankan oleh HDP di Tenggara menggali banyak parit. Parit tersebut tidak dirancang untuk pipa air atau gas; parit dimaksudkan untuk mencegah pasukan keamanan melakukan operasi kemanan secara efektif. Sebagai Presiden Republik Turki, saya tidak bisa mengundang pemimpin partai tersebut yang didukung oleh organisasi teroris dalam pertemuan untuk mendukung demokrasi dan syuhada. Para pemimpin HDP bebas untuk mengekspresikan diri di parlemen, tapi kami tidak ingin berbagi podium yang sama dengan mereka. Jika kami mengundang mereka, orang-orang tidak akan mengerti. Kami tidak ingin memusuhi orang-orang kami; kami ingin menyatukan bangsa kami di jalan menuju masa depan yang lebih baik.

Wawancara oleh :

Marc Semo – Journaliste au Monde DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment