Setelah Menggantikan Arcandra, Mungkinkah Luhut Juga Menggantikan Gloria Sebagai Paskibra


Presiden Joko Widodo telah mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas saat upacara bendera di peringatan Hari Kemerdekaan ke-71 RI di Istana Kepresidenan pada 17 Agustus 2016. Pengukuhan ini dilakukan melalui upacara pengukuhan di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8/2016).

Seharusnya, ada 68 anggota Paskibraka yang dikukuhkan Jokowi. Namun, satu anggota paskibraka yang sudah lolos seleksi, yakni Gloria Natapradja Hamel, tidak ikut dikukuhkan.

Gloria digugurkan karena diketahui memiliki paspor Perancis.‎ Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006, seorang yang memiliki paspor negara lain maka statusnya sebagai WNI gugur. ‎Sebelumnya, di sela latihannya yang padat, Gloria mengakui bahwa sang ayah warga negara Perancis dan ibunya warga negara Indonesia.

"Papa dari Perancis, Ibu Indonesia. Tapi saya sudah confirm' mau pilih (menjadi warga negara) Indonesia kok," ujar dia seraya tersenyum.‎


Ketua Satgas Perlindungan Anak Muhammad Ihsan mengkritik sikap pemerintah yang mempermasalahkan status kewarganegaraan Gloria Natapradja Hamel, calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) perwakilan Jawa Barat.

"Bayangkan saja, dia sudah proses seleksi dari sekolah sampai ke provinsi dan pusat. Selama ini enggak pernah ada masalah. Tapi begitu mau dikukuhkan di Istana, dia dilarang ikut," ujar Ihsan.‎

Barangkali apa yang dialami oleh Gloria ini sama dengan Archandra Tahar, yang menjadi warga negara United States (US), yang akhirnya dipecat secara hormat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang kemudian jabatannya digantikan sementara oleh Luhut Binsar Panjaitan.

Siapakah yang akan menggantikan Gloria?

Setelah Gloria digugurkan, alhasil proses kenaikan bendera di istana negara tanggal 17 Agustus tahun ini akan dilakukan oleh Paskibraka yang berjumlah hanya 67 orang.

Teka-teki dan pertanyaan yang kemudian berkembang di masyarakat adalah, siapakah pengganti Gloria?

Seolah kompak mengolok-olok, para netizen tanah air merekomendasikan Luhut Binsar Panjaitan sebagai gantinya. Mereka menilai Luhut adalah sosok serbabisa yang dibuktikan dengan banyaknya jabatan yang saat ini ia emban. Apalagi hanya sekedar baris berbaris sebagai Paskibraka tentunya akan sangat ia kuasai mengingat Luhut Binsar Panjaitan adalah mantan Kopassus. [beritaislam24h.com / ca] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment