Beginikah Modus Pizza Hut Perpanjang Masa Kedaluwarsa?


Tiga waralaba di Indonesia, yakni Pizza Hut, Pizza Hut Delivery (PHD), dan Marugame Udon, diduga pernah menggunakan bahan makanan kedaluwarsa lebih dari tiga tahun terakhir. Hasil investigasi majalah Tempo dan BBC Indonesia menemukan dokumen yang berisi catatan perpanjangan masa kedaluwarsa bahan makanan yang digunakan ketiganya.

Dokumen itu bertuliskan logo Sriboga Food Group, satu divisi di bawah PT Sriboga Raturaya, induk usaha yang menjalankan tiga waralaba tersebut di Indonesia. Dari dokumen itu, diketahui bagaimana modus Pizza Hut, PHD, dan Marugame Udon memperpanjang masa kedaluwarsa bahan makanan.

Sesuai dengan bukti dan dokumen yang diperoleh Tempo dan BBC Indonesia, mereka memperpanjang masa kedaluwarsa dengan cara menutup label asli pada bahan makanan, lalu menempelkan label baru yang sudah berganti masa kedaluwarsanya. Misalnya label bonito powder, perasa atau sari ikan di Marugame Udon.

Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI sudah menyita bukti ini. Pada bubuk bonito itu, terdapat sebuah stiker hijau bertulisan “23 Agust 2016” menutupi label asli berwarna putih pada kardus. Begitu stiker hijau itu dicopot, tampak keterangan waktu produksi “24 Agustus 2015” dan kedaluwarsa “23 Februari 2016”.

Artinya, sudah hampir dua bulan bahan tersebut ngendon di ruang penyimpanan. Bahan makanan itu tidak dibuang, tapi justru diperpanjang masa pakainya selama enam bulan.

Tiga mantan petinggi Pizza Hut dan Marugame Udon yang ditemui membenarkan adanya perpanjangan masa kedaluwarsa tersebut. Namun para petinggi Sriboga Food Group membantahnya lewat konferensi pers di Hotel Sultan, Minggu, 4 September 2016. Direktur Utama PT Sriboga Raturaya Alwin Arifin juga membantah penggunaan bahan makanan kedaluwarsa di restoran waralabanya. "Pokoknya enggak benar. Itu fitnah!" ujar Alwin.

Sebaliknya, Pizza Hut Asia justru mengakui adanya masa perpanjangan masa kedaluwarsa. Saat dikonfirmasi, Direktur Marketing Pizza Hut Asia Pankaj Batra menjawabnya lewat surat elektronik pula. Ia menjelaskan prosedur perpanjangan masa pakai bahan makanan Pizza Hut di Indonesia. (tp) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment