Jemaah Haji Rusia Meningkat 400 Persen


Jumlah jemaah haji asal Rusia telah mengalami peningkatan pesat, dibandingkan sebelum pecahnya Uni Soviet. Tahun ini umat Islam dari Negeri Beruang Merah yang menunaikan rukun Islam kelima mencapai 16.000 orang.

Konsul Jenderal Rusia di Jeddah, Bahauddin Olleaq mengungkapkan bahwa jumlah jemaah haji Rusia kini meningkat 400 persen jika dibandingkan pada masa Uni Soviet. Kemudahan yang diberikan oleh Arab Saudi menjadi salah satu pendorong peningkatan itu.

“Arab Saudi telah memberikan kontribusi terhadap meningkatnya para jemaah Rusia, melalui persiapan yang sangat baik dan fasilitas yang bagus yang disediakan bagi para jemaah agar mereka melakukan ibadah mereka dengan mudan, tenang, dan nyaman,” kata Olleaq, Sabtu (10/09).

Dia menambahkan bahwa kerajaan Saudi telah mengalami peningkatan dalam persiapan infrastruktur dan layanan kepada para tamu Allah. Menurutnya perluasan dua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, merupakan sebuah prestasi internasional. Perluasan itu bermanfaat bagi jemaah haji dan umrah.

Menurut Olleaq, jemaah haji asal Rusia telah datang ke tanah suci sejak 400 tahun yang lalu. Tetapi, jumlah mereka mulai meningkat ketika memasuki tahun 1990an.

Di masa Uni Soviet, lanjut Olleaq, para jemaah calon haji asal Rusia menghadapi kesulitan besar untuk datang ke Arab Saudi. Sementara, menurutnya, krisis Suriah juga berdampak pada hilangnya akses berhaji lewat darat bagi warga Rusia. Selama ini biaya perjalanan darat relatif lebih murah. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment