Operator Telepon Terkemuka Turki Ciptakan Aplikasi Bagi Pengungsi Suriah


Operator terkemuka Turki Turkcell telah menyediakan sebuah aplikasi mobile bagi lebih dari 3 juta pengungsi Suriah di negara itu, perusahaan Turki itu mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa.

Aplikasi  Hello Hope bertujuan untuk mengajarkan kata-kata dasar bahasa Turki dan ungkapan baik dalam format tulisan dan perkataan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari pengungsi yang ditampung di Turki, operator telepon itu mengatakan.

“Aplikasi itu memberikan fitur tambahan berbasis lokasi untuk memberi info bagaimana mencapai tempat pelayanan kesehatan terdekat. Para pengguna juga dapat menyambung dengan call center berbahasa Arab hanya dengan satu tombol,” Turkcell mengatakan dalam pernyataan tersebut dikutip Anadolu Agency (AA) Selasa (20/09/2016).

Operator mobile terkemuka itu mengatakan aplikasi Hello Hope dapat diunduh di iOS dan Android serta terbuka bagi semua pengguna yang berasal dari operator lain.

Turkcell, yang saat ini melayani lebih dari 1,2 juta pengungsi Suriah, mewakili sektor komunikasi pada forum PBB Senin di mana gelombang masif pengungsi Suriah, digambarkan sebagai “krisis kemanusiaan paling buruk sejak Perang Dunia II,” didiskusikan.

Menurut pernyataan CEO TurkCell, Kaan Terzioglu, berbicara di depan 350 pemimpin terkemuka termasuk Sekjen PBB Ban Ki-moon, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, aktor dan pembuat film Ewan McGregor, selama sesi tersebut.

“Masa depan anak-anak dan remaja Suriah berada di tangan kita. Ini merupakan waktu untuk mendiskusikan masalah integrasi,” kata Terzioglu, sembari menjelaskan beberapa solusi yang diberikan oleh Turkcell untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pengungsi Suriah.

Terzioglu menegaskan bahwa peradaban yang secara sejarah dibangun di atas gelombang migrasi, dan masyarakat serta ekonomi tidak akan melemah karena pergerakan migrasi seperti itu, sebaliknya, hal itu dapat memperkuat seperti yang disetujui PBB.

“Kami percaya bahwa ini kesempatan sebuah kehidupan berharga tanpa trauma bagi ratusan ribu anak-anak dan remaja Suriah, yang akan tinggal dengan kita paruh waktu, bergantung pada masalah integrasi ini. Kami sedang berusaha memenuhi kebutuhan komunikasi mereka dengan tujuan membantu kehidupan sehari-hari mereka,” kata dia.

Menurut PBB, Turki telah menjadi negara yang paling dermawan dalam mengakomodasi lebih dari 3 juta pengungsi yang berasal dari negara tetangga, khususnya dari Suriah.

Turkcell juga telah memperkenalkan call center pertama berbahasa Arab di Turki itu sebagai bagian dari pelayanan yang diberikan pada penduduk Suriah di kamp-kamp pengungsi di sepanjang negara itu.*/Nashirul Haq AR DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment