Pemilu Parlemen Jordania, Oposisi pro ikhwan di Unggulkan


Jordania melangsungkan pemilihan parlemen baru, Selasa, 20 September. Sekitar 4,1 juta rakyat mendatangi   tempat pemungutan suara  untuk memilih 1.252 calon yang akan menghasilkan 130 anggota parlemen  untuk masa jabatan 4 tahun kedepan, demikian lansiran Al-Arabiya, Selasa 20 September.

Pemilu  dijadwalkan  dibuka pada 7:00 am (0400 GMT) selama  12 jam kemudian. Kursi parlemen telah dicadangkan   untuk 15 perempuan, sembilan orang Kristen dan tiga perwakilan dari Sirkasia dan minoritas Chechnya. Pengusaha dan pejabat suku yang setia pada monarki diharapkan muncul pemenang terbesar.

Banyak yang berharap  kinerja Islamic Action Front, sayap dari     Ikhwanul Muslimin Jordan akan mendapatkan suara besar. Para ahli mengharapkan mereka untuk meraih sekitar 20 kursi di parlemen dari 130 kursi yang tersedia,  yang akan membuatnya kekuatan oposisi terbesar.

The Phenix Center, sebuah lembaga jajak pendapat lokal, mengatakan 42 persen pemilih yang memenuhi syarat diperkirakan  tidak mengambil bagian dalam pemilu, mencerminkan kurangnya antusiasme untuk parlemen dengan kekuasaan terbatas untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah.

Otoritas keagamaan tertinggi di negara itu, Dar al-iftaa,  sampai mengeluarkan fatwa, atau perintah agama, menyerukan, memberikan  suara adalah  tugas nasional dan agama. Hal ini juga memperingatkan terhadap penipuan dan pembelian suara, praktik yang umum dalam pemilu lalu.

Kepala Komisi Pemilihan Jordan mengatakan pemungutan suara akan dilakukan sesuai dengan standar internasional. Pemilu Parlemen Jordan ini  akan dipantau oleh 14.000 pengamat lokal dan 676 dari luar negeri, termasuk 66 yang dikirim oleh Uni Eropa.

Sementara kalangan Islamis yang memboikot pemilu tahun 2010 dan 2013 sebagai protes atas sistem pemilu dan tuduhan penipuan. Sistem ini memberikan pengaruh yang tidak proporsional untuk daerah pedesaan, yang kurang padat daripada kota-kota dan cenderung dimenangkan kembali calon  yang setia pada monarki.

Kalangan Islamis - dilemahkan oleh perpecahan internal dan represi - mengumumkan pada bulan Juni mereka akan mengambil bagian setelah undang-undang pemilihan diubah. Pihak berwenang telah mengubah peraturan agar   memungkinkan partai-partai politik untuk mengikuti pemilu lebih adil  daripada sistem "suara tunggal" yang menguntungkan kandidat suku.

Jordania kini tengah  bergulat memerangi angka pengangguran yang tinggi, kekhawatiran atas dampak dari perang di negara tetangga Suriah dan Irak,  dan beban sebagai penyangga ratusan ribu pengungsi.

Pengangguran telah mencapai 14 persen, menurut angka resmi, sementara analis independen memperkirakan angka pengangguran sebenarnya lebih tinggi, yaitu  antara 22 dan 30 persen. Bayangkan, penduduk Jordania  70 persen dari populasi berusia di bawah 30 tahun.

Red : msa
Sumber : Al_arabiya DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment