Qori Mesjid Al-Aqsa Syekh Muhammad Rasyad Syarif Meninggal Dunia


Syekh Muhammd Rasyad Syarif (91) yang dijuluki ‘’Muqri Al-Aqsa’’ meninggal dunia di Amman, Yordania (26/9).

Menurut situs al-Jazeera.com, Syekh Rasyad mempelajari al-Quran sejak masa kanak-kanak, dan belajar dengan Syekh Hasan Abu Saninah di Hebron. Beliau berhasil menguasai riwayat Hafs dan Warasy sebelum berusia 18 tahun.

Syekh Rasyid adalah salah satu Qari Palestina yang paling terkenal karena suaranya yang unik. Beliau pernah membaca al_Quran di Radio al-Quds tahun 1941 dan di Mesjid Ibrahimi, Hebron serta di Mesjid al-Aqsa tahun 1966.

Tahun 1984 Menteri Waqaf di Yerusalem merilis mushaf Mesjid Al-Aqsa yang dengan suara Syekh Muhammad Rasyad. Beliau juga mengajarkan al-Quran di Palestina sampai tahun 2002 lalu pindah ke Yordania dan mentep disana hingga wafat.

Sekjen Lembaga Wakaf Islam Yerusalem mengucapkan belasungkawa terhadap Syekh Muhammad Rasyad. Dia menyatakan bahwa umat Islam telah kehilangan orang yang menggunakan seluruh hidupnya demi mengajarkan al-Quran terhadap ribuan pelajar.

Selain sebagai Qari Syekh Muhammad Rasyad juga seorang penyair. Selama hidupnya beliau juga menulis ratusan Qasidah dan yang paling terkenal adalah al-Muallim.

Bagi yang ingin mengetahui profil Syekh Muhammad Rasyad anda bisa melihat dokumenter berjudul ‘’aswat minassama’’ atau suara dari langit yang dirilis . DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment