Seorang Pejabat AKP Tewas Ditembak di Depan Rumah


Hakkari – Seorang politisi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) ditembak mati pada Rabu (14/09) di depan rumahnya di wilayah tenggara Turki yang dihuni mayoritas Kurdi.

Menurut sumber-sumber keamanan, Ahmet Budak adalah politikus AKP yang pernah gagal dalam pemilihan parlemen November lalu. Ia ditembak mati di distrik Semdinli provinsi Hakkari dekat perbatasan Iran dan Irak.

Wilayah tenggara Turki telah mengalami lonjakan kekerasan sejak PKK melakukan pemberontakan selama tiga dekade di wilayah tersebut. Gencatan senjata pada 2015 pun gagal dijalankan seiring kekerasan yang terus berlangsung. Ribuan militan, anggota pasukan keamanan dan warga sipil telah tewas dalam pertempuran di seluruh wilayah.

Pembunuhan Budak sendiri terjadi selang dua hari setelah militan dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) melukai 50 orang dalam serangan bom mobil di sekitar kota Van, di dekat kantor AKP yang didirikan oleh Presiden Turki Erdogan.

Dalam beberapa bulan terakhir, dua pejabat AKP telah dibunuh. Agustus lalu, militan PKK membunuh kepala cabang lokal dari sayap pemuda AKP di dekat Sirnak setelah menculik dia dan saudaranya.

Lebih dari 40.000 orang telah tewas dalam pemberontakan PKK sejak tahun 1984. Organisasi itu telah dimasukkan oleh Turki dan sekutunya NATO sebagai teroris. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan bersumpah akan memerangi PKK dan afiliasinya. Namun, Amerika Serikat telah berulang kali memberi dukungan -termasuk militer- kepada organisasi tersebut.(kiblat) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment