Setelah AS, Rusia Minta Turki Berhenti Menyerang Kurdi


Sebagaimana Amerika Serikat, Rusia juga menghimbau kepada Turki untuk menghentikan serangan terhadap Kurdi YPG di Suriah atau kepada setiap faksi yang memerangi ISIS. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia, Maria Zhakarova seperti dikutip Reuters, Rabu (31/08).

Sbeelumnya AS telah meminta Turki untuk melakukan serangan di Suriah utara pekan lalu. AS mengatakan bahwa fokus terpenting adalah melawan ISIS bukan faksi-faksi yang melawan ISIS. Diketahui, saat penyerangan Manbij oleh Kurdi, AS mendukung penuh hal ini dengan mengirimkan senjata.

Meski demikian, Turki tetap berpijak pada komitmen negaranya untuk mengusir Kurdi dari perbatasan. Hal yang sama juga dilakukan terhadap ISIS tanpa bermaksud menerima saran dari negara-negara yang lain. Turki sendiri telah menganggap keduanya sebagai organisasi teroris yang mengancam negara.

Dalam hal ini, sikap Rusia sama dengan AS yang mendukung Kurdi YPG. Namun, hubungan Rusia dengan Turki mulai membaik, berbeda dengan AS yang renggang setelah upaya kudeta pada Juli lalu.(kiblat) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment