Tugas Berat Erdogan & Perkembangan Terakhir di Turki Pasca Kudeta


Oleh: Hasmi Bakhtiar
(S2 Hubungan Internasional Lille, Perancis)

1. Pasca kudeta gagal di Turky terlihat Erdogan benar2 melakukan 'pembersihan' orang2 Gulen. Sudah puluhan ribu dijebloskan ke penjara.

2. Begitu banyak yang dicurigai sebagai pengikut Gulen dipecat dari jabatan mereka, sikap yang dinilai banyak pihak keterlaluan.

3. Gw pribadi menganggap usaha pembersihan yang dilakukan Erdogan sangat wajar, karena negara ini punya sejarah pahit tentang kudeta.

4. Tapi gw mikir, apakah 'pembersihan' ini sudah tepat sasaran atau ini hanya bentuk kepanikan sang sultan ketika kursinya digoyang.

5. Gw pribadi sangat menghargai usaha rakyat Turky yang sudah berjuang menjaga demokrasi mereka, baik yang tergabung di AKP atau partai lainnya.

6. Prinsipnya jelas, demokrasi harus dijaga karena kudeta terhadap pemerintah yang sah adalah sebuah kedzoliman.

7. Tapi dalam menjaga demokrasi jg tidak boleh melahirkan kedzoliman2 baru. Langkah2 yg dilakukan Erdogan harus sesuai hukum dan gw lihat masih.

8. Dari sekian banyak nama yang sudah dijebloskan ke penjara gw lihat Erdogan tidak pandang bulu, figur2 penting ketika terlibat semua disikat.

9. Figur2 penting di dalam negeri yang terlibat dijebloskan ke penjara juga dipecat dari tugasnya sebagai pejabat negara.

10. Ini cukup efektif memutus mata rantai pengikut Gulen, karena kita semua tau kader Gulen sudah masuk hampir ke semua lini pemerintahan.

11. Kesulitan Erdogan gw rasa ketika mengejar pelaku kudeta di luar negeri, terutama mereka yg stay di barat spt Amrik dan beberapa negara Eropa.

12. Erdogan secara terang terangan mengatakan barat punya andil dalam kudeta gagal tsb. Kalau menurut gw bukan hanya andil, lebih dari itu malah.

13. Konsekuensinya adalah Erdogan ga bakal mudah mengejar mereka yg berlindung di barat. Antek2 Gulen bahkan Gulen sendiri adalah amunisi barat.

14. Tadi sore gw sempat buka2 data perkembangan kudeta Turky dari semua data yang dimiliki kampus.

15. Dari beberapa sektor spt politik, ekonomi dan beberapa LSM di Turky dan luar Turky ada beberapa nama yang masih belum tersentuh Erdogan.

16. Erdogan yang bisa dibilang cukup lama berkuasa masih sulit menyentuh beberapa titik terutama mereka yang aktif di media.

17. Padahal orang2 ini termasuk otak kudeta, sedangkan puluhan ribu yang sudah ditangkap Erdogan kebanyakan mereka hanya eksekutor bawahan.

18. Kudeta gagal di Turky sudah direncanakan dengan matang, dan figur pengganti Erdogan pasca kudeta (jika berhasil) sudah disiapkan.

19. Yang akan menjabat PM, ketua MK, MA bahkan yang akan menduduki posisi menteri semua sudah dipersiapkan.

20. Kalau melihat data yang ada, pelaku kudeta gagal tempo hari sudah menentukan siapa yang akan menjadi mufti negara.

21. Tidak hanya sampai di situ, kader2 Gulen sudah diposisikan untuk masuk ke beberapa partai dg jabatan yang juga sudah ditentukan.

22. Pelaku kudeta di Turky bisa kita bagi dalam tiga kelompok:
(1). Ikut krn terpaksa krn menjaga jabatan dll
(2). Ikut krn keuntungan tertentu
(3). Otak dan sekaligus penggerak. Mereka ini yang punya koneksi ke pihak luar.

23. Kelompok pertama mereka ikut andil pada hari kudeta saja, tapi kelompok kedua dan ketiga mereka sudah bergerak jauh2 hari.

24. Dari data pejabat yang sudah dijebloskan Erdogan ke penjara kebanyakan mereka hanya dari kelompok pertama dan beberapa kelompok kedua.

25. Adapun kelompok ketiga dan ini yang paling berbahaya masih sulit disentuh.

26. Bahkan dari kelompok ketiga ini ada beberapa nama yang mereka masih aktif di AKP dan pemerintahan sampai sekarang.

27. Ada yang bukan dari AKP dan pemerintahan tapi mereka punya hubungan baik dengan pejabat penting Turky.

28. Aksi penangkapan dan pemecatan tentu bukan hawa yang baik bagi Turky dan pemerintahan Erdogan.

29. Hanya ketika Erdogan ga kunjung mampu menyentuh kelompok ketiga maka situasi darurat spt sekarang ga bakal bisa diakhiri, dan ini merugikan.

30. Ga hanya merugikan Erdogan di tingkat dalam dan luar negeri, tapi juga merugikan bagi perkembangan demokrasi secara menyeluruh.

31. Mengobati tiga kelompok ini tentu ga bisa dengan jenis obat dan dosis yang sama, semua ada kadarnya masing2.

32. Erdogan dan AKP ga bakal bisa melakukan pembersihan di semua sektor dengan satu jurus, jurus penangkapan dan pemecatan.

33. Makanya ketika ada yang nanya: apakah penangkapan yang dilakukan Erdogan efektif? Gw rasa efektif untuk beberapa kelompok.

34. Tapi itu ga bakal jadi solusi satu2nya, harus ada solusi lain yang harus dipikirkan Erdogan dan AKP.

35. Melakukan penangkapan dan pemecatan hanya solusi awal dan hanya bakal menyentuh kelompok tertentu.

36. Untuk seterusnya Erdogan dan AKP harus mencari ide yang lebih solutif. Memikirkan ini bukan hal mudah tentunya.

37. Tapi setidaknya Erdogan punya akses ke sana. Erdogan ga boleh 'males' berpikir & memakai jurus itu2 saja jk ingin Turky menjadi negara besar.

38. Davutoglu (mantan PM), Abdullah Gul (mantan Presiden) dan figur penting lainnya bisa menjembatani Erdogan untuk menemukan ide yg gw maksud.

39. Memang rumit masalah yang sedang dihadapiTurky, mungkin itu sebabnya Allah memberi mereka pemimpin hebat spt Erdogan.

40. Kerumitan itu harus diselesaikan dan Erdogan yang harus memulai. Bertahan pada satu jurus bakal menggerus 'modal' yang ada.

41. Itu sedikit ulasan gw setelah ngebaca laporan akhir perkembangan di Turky. Kita doakan semoga Allah melindungi Erdogan dan rakyat Turky.


*dari twit @hasmi_bakhtiar (6/9/2016) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment