TURKI PECUNDANGI ISRAEL TERKAIT KESEPAKATAN DAMAI


Surat kabar Middle East Saudi Arabia, Ahad (26/9/2014) melansir berita yang bersumber dari sejumlah kalangan militer hingga politisi Israel bahwa Hamas lah pihak yang paling diuntungkan pasca penandatanganan rekonsiliasi antara Israel dan Turky beberapa bulan lalu.

Israel menuding Turky telah berlaku curang terkait kesepakatan untuk menghentikan aktivitas latihan militer Hamas di wilayah Turky.

Faktanya, menurut mereka, bahwa kini  Turky  justeru telah menjadi pusat latihan militer yang sesungguhnya bagi para militan dan aktivis Hamas yang berada di sana.

Alasan yang mengemuka di kalangan pejabat Israel antara lain, terbukti hingga kini pemerintah Turky belum menutup Kantor Biro Perwakilan Hamas di Turky setelah sebelumnya didesak oleh pemerintah Israel.

Israel menilai bahwa para aktivis dan petinggi Hamas masih sangat bebas keluar masuk Turky, demikian pula bebas melakukan aktivitas politik meski dengan cara   yang sangat rahasia.

Seperti yang diketahui, salah satu poin kesepakatan rekonsiliasi damai antara Israel dan Turky bahwa Turky bersedia menghentikan segala aktivitas pelatihan militer Hamas di wilayahya, baik yang sifatnya nyata di lapangan, atau dalam bentuk pengarahan melalui sambungan telepon dari jarak jauh.

Sebaliknya, Israel diharuskan membayar konvensasi korban kapal kemanusiaan Mavi Marmara, dan mengizinkan masuknya barang dan  logistik bantuan kemanusiaan Turky ke Jalur Gaza. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment