Arsip sertifikat tanah menunjukkan Irak adalah bagian dari Turki


Lebih dari 77.000 dokumen pendaftaran tanah yang berasal dari masa pemerintahan Ottoman di Irak masih disimpan di Ankara, kepala arsip nasional Turki mengatakan.

Akte kepemilikan tanah di sekitar Mosul dan Kirkuk di Irak utara bisa memberikan dasar untuk tuntutan hukum di masa depan, Zeynel Abidin Turkoglu, kepala Departemen Arsip di registri tanah pemerintah, berkata.

Pemberitaan ini datang pada saat ketegangan meningkat antara Ankara dan Baghdad selama kehadiran tentara Turki di Irak dan dalam kemungkinan keterlibatan Turki dalam pertempuran untuk merebut kembali Mosul dari Daesh.

“Sertifikat tanah ini adalah dokumen-dokumen yang menunjukkan kami pernah ada disana,” kata Turkoglu. “Lahan tersebut milik kami pada saat itu. Kami berada dalam situasi untuk mengklaim hak-hak di sana. ”

Irak adalah bagian provinsi Ottoman dengan berbagai tingkat kontrol dari abad ke-16 dan seterusnya. Pada awal abad ke-19 pemerintahan langsung dari Istanbul berjalan sampai kekhalifahan runtuh.

Dalam argumen dengan Irak, Presiden Recep Tayyip Erdogan menekankan ikatan sejarah Turki dengan wilayah itu.

Turkoglu mengatakan 77.063 sertifikat tanah sepanjang wilayah Mosul dan Kirkuk  – pusat penting bagi industri minyak Irak saat ini – membentang dari periode 1847 ke 1917. Dimana wilayah tersebut bisa juga mencakup Iraq modern.

Ada juga lebih dari 180 register kepemilikan tanah yang meliputi tahun sebelum 1847.

Menurut Turkoglu, salinan catatan disimpan oleh pemerintah pusat di Istanbul sementara salinannya disimpan oleh administrator lokal. Dia mengatakan salinan masih dipegang oleh Ankara, di mana mereka dipindahkan setelah berdirinya Republik Turki, dan berada dalam kondisi yang baik.

Fakta bahwa catatan tersebut telah disimpan utuh di Turki juga menghilangkan rumor bahwa satu-satunya sertifikat telah dihancurkan selama perang Irak pada tahun 2003.

Anadolu Agency DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment