Beredar Foto Ignatius Jonan Temui Paus dan Diberkati Sebelum Dilantik jadi Menteri ESDM


Beberapa foto yang menunjukkan Menteri ESDM Ignatius Djonan (Jonan) bersama istrinya, Ratnawati bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, beredar luas di dunia maya.

Foto menunjukkan Jonan bersama istrinya Ratnawati yang sedang diberkati Paus Fransiskus pada hari Rabu (05/10/2016) di Vatikan. Yang menarik, kejadikan ini terjadi tepat saat hari serah terima jabatan dari Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan kepada Ignasius Jonan.

Lebih dari 90 foto menampilkan Jonan bersama istri di Vatikan itu dipublikasikan oleh situs khusus dokumentasi foto resmi Vatikan, photovat.com, mulai dari halaman 27 hingga 29.

“Ignasius Jonan mendapat berkat dari Paus Fransiskus sebelum pada 14 Oktober 2016 lalu dipilih menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Pelaksana Tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan,” demikian tulis  Satuharapan.com.

Tampak beberapa foto merekam upaya Jonan mendekati Paus untuk bersalaman di dalam kesempatan Audiensi Umum di Lapangan Santo Petrus.

Tampak pula Jonan memperkenalkan istrinya untuk bersalaman dengan Paus ke-266 itu. Beberapa foto juga menunjukkan istri Jonan mengeluarkan segenggam Rosario untuk diberkati oleh pemimpin 1,2 miliar umat Katolik di dunia itu.

Bapa Suci juga tampak mendoakan Jonan dan istrinya seraya keduanya mendudukan kepala.

Pengguna Facebook bernama Claudia G Irawaty Sim mengatakan, Jonan memang layak mendapat podium dan diberkati karena dinilai sebagai sosok yang lembut dan baik.

“Pak Jonan memang layak mendapat tempat podium dan diberkati…habis lembut dan baik juga ibu Jonan… kami pernah ketemu dan bincang-bindang di Gereja Katedral di Jakarta sempat diajak foto bersama juga,” tulis Claudia,  mengomentari foto Jonan dan istrinya di Vatikan sebagaimana dikutip UCANews, Kamis (20/10/2016).

“Tak disangka, sembilan hari kemudian (14/10), beliau dipilih Presiden Jokowi untuk menahkodai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Arcandra Tahar. Selamat menjalankan tugas Pak Jonan dan Pak Arcandra!” tulis Lumen Ecclesiae pada halaman Facebooknya.

onan lahir di Singapura pada 21 Juni 1963.  Ia adalah salah satu lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya yang kemudian melanjutkan studi ke Fletcher School, Tufts University, Amerika Serikat.

Jonan pernah merintis karir di bidang perbankan, hingga menjabat sebagai Direktur Citigroup dari 1999 hingga 2001.

Kemudian ia memegang jabatan selaku Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (persero) periode 2001-2006, kemudian kembali menjadi Managing Director Citibank pada 2006-2009.

Tahun 2009, atas permintaan pemerintah Jonan berlabuh di PT Kereta Api Indonesia sebagai Direktur Utama.

Jonan kembali menjadi anggota Kabinet Kerja sebagai Menteri ESDM dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 114/P Tahun 2016 tentang Pengangkatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Kabinet Kerja dalam Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2014-2019.

Ia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan di awal Kabinet Kerja. Tugasnya kemudian digantikan oleh Budi Karya Sumadi sejak 27 Juli 2016.* DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment