Panik Anggaran Jebol, Pemerintah Incar Seleb Medsos, Netizen: Nanti Napas Juga Kena Pajak..


Pemerintah Indonesia memang sedang gencar menarik penerimaan dari sektor pajak untuk menutup defisit fiskal di tahun anggaran 2016.

Kini pemerintah mengeluarkan jurus baru untuk menjaring uang lebih banyak dari masyarakat demi tutupi defisit APBN.

Jurus baru ini adalah menarik pajak dari para selebgram (julukan bagi selebritis di Instagram) dan penjual produk online baik lewat Facebook atau forum-forum seperti KASKUS.

Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Kemenkeu, Yon Arsal mengungkapkan, strategi ini diproyeksikan bisa meraup penerimaan pajak sebesar 1,2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 15,6 triliun (dengan nilai tukar rupiah Rp 13 ribu per dolar AS).

"Pasar online, transaksi harian, penjualan langsung dan peng-endorse, mereka semua adalah subjek pajak kalau mereka punya pemasukan yang harus dilaporkan," ujar Yon, seperti dikutip Bloomberg, Selasa 11 Oktober 2016.

Yon mengatakan, pihaknya sedang dalam tahap kajian dan diskusi untuk memutuskan bagaimana pemerintah bisa melaksanakan kebijakan ini secara efektif.

"Kami masih diskusi, untuk memutuskan bagaimana pelaksanaannya dengan cara dan mekanisme yang efektif. Meski nantinya akan ada tarif yang berbeda untuk setiap jenis bisnis yang dijalankan," ujar Yon.


Seperti diketahui, media sosial sudah menjadi sarana yang ampuh bagi penjaja barang-barang online, mulai dari tas bermerek seperti Chanel, sampai makanan anjing rumahan, bahkan produk gadget iPhone 7 terbaru. Masalahnya, pelaku usaha online ini kerap kali ditemukan tidak melaporkan pemasukannya.

Kantor Pajak menargetkan untuk menjaring penerimaan sebesar Rp 10-15 triliun dari pelaku bisnis online, termasuk selebgram yang mendapat pemasukan dari kegiatannya di media sosial.

Pemerintah juga bakal memperketat retribusi pajak dari kegiatan endorsement di media sosial, seperti di Instagram misalnya, di mana sang bintang atau selebgram mendapat bayaran dari perusahaan yang mengiklankan produknya di medsos. Iklan lewat bintang di media sosial memang diakui ampuh di mana selebgram memiliki banyak pengikut atau followers.

Saat ini, hanya bisnis online dengan penerimaan sebesar Rp 4,8 miliar per tahun yang dikenai pajak. Yon menambahkan, Kementerian Keuangan juga meminta Komunikasi dan Informasi untuk mendata jaringan bisnis online dan transaksi yang terjadi selama ini. Data ini akan digunakan sebagai pertimbangan untuk menerapkan pajak bagi pelaku bisnis online.

Hal ini segera mendapat reaksi dari netizen.

Ach Faridi dalam akun facebooknya menyindir kelakuan pemerintah sudah seperti Belanda yang meminta upeti pada rakyat. "Hidup di jaman kolonial," tulisnya.

"Jadi inget dengan teriakan Prabowo. APBN bocor. Tapi dijawab Jokowi, uangnya ada tinggal kerja...kerja...kerja. Penguasa besar dapat tax amnesti. Rakyat jelata dipajaki makin gede dan variatif. Premium dan solar katanya subsidi kenapa langka?" tulis akun Adrian Klein.

"Entar bernafas juga kena pajak. Aah mesti sabar 2 tahun lagi," tulis Aji Jati. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment