Qatar menyatakan kegembiraan atas keberhasilan Turki dan FSA membebaskan kota Dabiq


Qatar mengatakan kegembiraan atas keberhasilan Tentara Pembebas Suriah (FSA) mengambil alih kendali atas dua kota di Suriah utara dari Daesh.

Menurut komandan FSA, kota Dabiq dan Soran berhasil dibersihkan Minggu sebagai bagian dari Operasi Eufrates Shield Turki.

Dabiq, sekitar 40 kilometer (25 mil) timur laut dari Aleppo dan sekitar 10 kilometer (6 mil) di selatan perbatasan Suriah dengan Turki, memiliki kepentingan simbolis untuk Daesh, Kelompok tersebut percaya bahwa temoat itu akan menjadi tempat pertempuran akhir zaman dengan non-Muslim, dan mereka adalah pasukan terpilih. Dabiq juga merupakan nama dari salah satu majalah online Daesh.

Kementerian luar negeri Qatar mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa pembebasan dua kota berpengaruh secara ‘signifikan’ untuk merebut kota-kota lain yang masih dikuasai Daesh.

Qatar ini juga mengatakan mendukung semua langkah pemerintah Turki untuk menjaga keamanan perbatasan.

Menteri Pertahanan AS Ash Carter juga menyambut pembebasan Dabiq dan berterima kasih kepada Turki untuk “koordinasi yang erat selama operasi ini” dan kepada koalisi internasional untuk bantuannya.

“Pembebasan (Dabiq) memberikan kampanye militer dengan kekalahan ISIL sebagai momentum baru di Suriah,” kata Carter dalam sebuah pernyataan.

Operasi Eufrates Shield, yang dimulai 24 Agustus dan didukung oleh Angkatan Bersenjata Turki, ditujukan untuk memperkuat keamanan perbatasan, mendukung pasukan koalisi dan menghilangkan ancaman yang ditimbulkan oleh organisasi teror, terutama Daesh.

Operasi ini telah berhasil mengusir Daesh dari perbatasan Turki dengan Suriah dimana kendaraan militer, artileri, pasukan khusus dan jet tempur Turki mendukung pejuang FSA.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan hari Minggu di sebuah konferensi pers bahwa operasi akan dilanjutkan menuju kota al-Bab di Suriah Utara, 29 kilometer (18 mil) dari perbatasan Turki. Cavusoglu juga menambahkan bahwa operasi Mosul akan segera dimulai.

Anadolu Agency DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment