Isu WNA Membanjari Idonesia, Kapolri Ingatkan Ada Jutaan WNI Bekerja di Luar Negeri


Maraknya kabar mengenai semakin banyaknya Warga Negara Asing (WNA), maupun pekerja asing illegal dari Tiongkok, membuat Kapolri Jenderal Tito Karnavian angkat bicara. Menurutnya, jumlah WNA dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia masih sedikit.

"Sudah diklarifikasi datanya. Berdasarkan data dari Kemenaker WNA Tiongkok yg ada di Indonesia hanya 20 ribuan orang saja," kata Tito usai memberikan kuliah umum di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Kamis 29 Desember 2016.

Tito melanjutkan, sedangkan berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hanya ada 34 ribu orang yang memiliki izin tinggal terbatas. Menurutnya, jumlah itu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah Tenaga Kerja Indonesia yang ada di luar negeri.

"Misalnya di Malaysia, jumlah TKI kita ada 2 juta orang. Padahal penduduk di sana ada 15 juta orang. Lalu di Tiongkok 50 ribu orang, dan Hongkong 200 ribu orang," ujar Tito.

Tito menganggap banyaknya pekerja asing tidak akan mengubah struktur ekonomi, dan politik. Hal itu justru akan memperkuat struktur perekonomian bangsa.

"Cina (Tiongkok) itu sekarang lagi booming. Amerika saja pinjam uang ke Cina," kata Tito. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment