Kehidupan kembali ke Jarabulus berkat operasi Euphrates Shield


Kondisi kehidupan di Jarabulus dekat perbatasan Turki-Suriah telah membaik dalam empat bulan terakhir, berkat dukungan Turki dalam membersihkan wilayah seluas 1.900 kilometer persegi dari teroris sebagai bagian dari Operasi Euphrates Shield yang diluncurkan untuk melawan organisasi teroris Daesh dan PYD / PKK .

Jarabulus memiliki penduduk sekitar 30.000 sebelum perang, tetapi banyak warga yang meninggalkan kota tersebut setelah Daesh mengambil kendali sampai populasi turun hingga 3.500. Setelah pembebasan kota, orang-orang datang kembali dan migrasi internal meningkat di dalam Suriah, sehingga penduduknya bahkan mencapai 35.000.
Dengan kenaikan populasi, toko-toko di pusat kota sudah mulai menyerupai pertokoan di kota-kota Anatolia. Muhammad Habeş, ketua dewan kota Jarabulus, menyatakan bahwa pusat kota yang berkembang juga telah menyebabkan peningkatan hubungan dagang dengan wilayah utara.
“Yang paling penting di sini adalah keamanan, karena penduduk paling menderita atas masalah tersebut. Sekarang, orang dapat hidup seperti yang mereka mau, mereka bisa meninggalkan rumah mereka setiap jam. Tidak ada keraguan bahwa Turki dan tentara Turki berkontribusi atas kondisi saat ini di Jarabulus.”
Turki pertama kali meluncurkan Operasi Euphrates Shield pada 24 Agustus di Jarabulus, mendukung pasukan FSA untuk membersihakan perbatasan selatan Turki dari Daesh, dan membentuk zona bebas teror seluas 5.000 meter persegi yang terdiri dari kota al-Bab, al-Rai, Azaz, Jarablus dan Manbij.

Dengan bantuan dari Angkatan Bersenjata Turki (TSK), Free Syrian Army (FSA) memasuki Jarabulus, yang telah berpindah tangan beberapa kali antara organisasi teroris PYD dan Deash sejak perang dimulai pada tahun 2011.

Setelah memegang kendali atas Jarabulus, FSA melanjutkan Operasi Militer bersama Angkatan Udara Turki dengan menyerang 883 target, menghancurkan 2.392 alat peledak improvisasi dan 42 ranjau untuk memperluas area operasi dan membersihkan wilayah dari kelompok teror.

Di daerah antara Azez-Jarabulus, di mana 225 daerah pemukiman berada, total 1.294 teroris Daesh dinetralisasi, dengan 1.171 tewas, 117 terluka dan 6 orang lainnya ditangkap hidup-hidup, sementara 306 teroris PKK / PYD tewas selama Operasi Euphrates Shield.
Pasukan FSA yang didukung Turki membebaskan Al-Rai setelah sukses di Jarabulus dan maju ke al-Bab.

Daily Sabah DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment