Turki adalah bangsa teladan


Oleh : Dr Zaher Sahloul

Sebanyak 3% dari penduduk Turki adalah pengungsi Suriah, total 3 juta pengungsi selama lebih dari 6 tahun dan jumlah ini terus berkembang.

Tidak ada kepanikan atau sentimen anti-pengungsi. Pengungsi Suriah diperlakukan lebih baik daripada negara lain di dunia, dengan sedikit pengecualian.

Turki di bawah kepemimpinan Erdogan, yang menarik banyak kebencian dan kritik dari orang-orang yang naif dan bermotif politik dari haluan yang berbeda, telah membuka hati untuk para pengungsi. Pengungsi Suriah memiliki akses yang baik untuk pekerjaan, pendidikan dan kesehatan gratis.

Secara umum, pengungsi diperlakukan dengan sangat hormat dan cinta tanpa dicap sebagai teroris, ancaman terhadap keamanan nasional atau datang untuk mencuri pekerjaan. Bandingkan dengan cara mereka diperlakukan di Lebanon, Yunani, beberapa negara Uni Eropa atau bahkan Amerika Serikat!



Erdogan membagikan roti kepada pengungsi Suriah dan istrinya (Emine Erdogan) memeluk anak-anak pengungsi Suriah. Saya tidak ingat bahwa Ibu Negara kita (AS), Michelle Obama, pernah menyebut tentang anak-anak Suriah atau pengungsi Suriah.

Dalam satu dekade terakhir, Turki telah berubah menjadi negara model dan negara modern yang kuat yang bangga pada warisan budaya, sejarah dan kepemimpinannya sembari merangkul modernitas, teknologi dan globalisasi.

Di masa lalu, ketika Turki disebutkan, apa yang terlintas dalam pikiran adalah keterbelakangan, korupsi, arogansi dan Midnight Express!

Saat ini Turki semakin mendekati persepsi sebagai model kecantikan, keanggunan, budaya, keramahan dan transformasi ekonomi Timur Tengah. Turki adalah salah satu negara demokrasi “Muslim” terbesar dimana 99% dari penduduk Turki adalah Muslim Sunni.

Islam dipraktekkan di Turki secara alami, sungguh-sungguh, tidak dibuat-buat, ramah-perempuan, inklusif dan akomodatif. Model pemerintahan Turki telah memungkinkan kebebasan berekspresi untuk masyarakat sipil. Ribuan LSM menciptakan kehidupan masyarakat yang peduli tentang orang lain yang kehilangan haknya, orang lanjut tua, hak asasi manusia, landmark bersejarah, lingkungan dan seni.

Kita mungkin tidak setuju dengan beberapa kecenderungan otokratis Erdogan, tetapi orang yang berpikiran adil dan netral harus memberikan Erdogan dan AKP penghargaan untuk transformasi yang dibawanya.

Turki berada di tengah-tengah zona berbahaya dikelilingi negara-negara jahat dan pemimpin dengan kepentingan berlawanan. Turki ditargetkan oleh PKK, ISIS, Putin, Assad dan Iran dan itulah sebabnya Turki dilanda aksi teroris lebih banyak dari negara lain di dunia.

Sangat tidak bertanggung jawab dan tidak adil bagi sebagian yang tinggal di Barat untuk terus menyerang negara dan para pemimpin Turki, menyalahkan mereka untuk semua jenis permasalahan dan memalsukan tuduhan palsu untuk memperkuat gema di ruang dewan mereka sendiri. Orang-orang yang tinggal di rumah-rumah kaca seharusnya tidak melempar batu pada orang lain.

Kita tidak seharusnya melupakan apa yang terjadi pada Mesir, ketika orang-orang naif berpikir bahwa mendukung kudeta oleh diktator militer gila lebih baik untuk Mesir daripada mendukung seorang presiden terpilih.

Saya berharap dan berdoa bahwa orang-orang Turki yang berhati baik diselamatkan dari kesengsaraan negara-negara lain di kawasan itu. Sebagai orang yang rasional dan mendapat informasi dengan baik, yang percaya pada kemanusiaan, membalas kebaikan dengan kebaikan dan keadilan, saya akan selalu merasa berhutang budi kepada kemurahan hati orang-orang Turki dan para pemimpin mereka.



Dr Zaher Sahloul
adalah seorang dokter warga AS yang berasal dari Homs, Suriah. Aktif dalam banyak kegiatan kemanusiaan untuk warga sipil dan pengungsi Suriah. Pendiri American Relief Coalition for Syria, Penasehat senior di SAMS (Syrian American Medical Society), Mantan direksi Illinois Coalition for Immigrant and Refugee Rights, Mantan Pemimpin Council of Islamic Organizations of Greater Chicago

Dapat diiuti di akun twitter @sahloul
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment