Sinwar Komando Hamas di Jalur Gaza, Musuh Nomer Wahid Israel


Yahya Sinwar bukanlah wajah baru di arena Palestina. Sejarahnya besar. Pernah mendekam di penjara Israel selama bertahun-tahun. Sebelum itu, perjalanan hidupnya adalah perjuangan. Semua orang tahu hal itu baik di arena keamanan atau politik di Jalur Gaza.

Hari-hari ini, nama Sinwar ramai diperbincangkan oleh elit politik dan media massa Israel, setelah ia terpilih menjadi pimpinan utama Hamas di Jalur Gaza menggantikan Ismail Haniyah.

Koran Israel Maarev menyatakan, badan keamanan Israel sibuk dengan “niat terselubung” Jalur Gaza setelah Sinwar memimpin dan bagaimana hubunganya dengan Israel, terutama terkait gencatan senjata dan serdadu Israel yang menjadi sandera kelompok perlawanan.

Perjalanan Sinwar

Sinwar dilahirkan tahun 1962 di kamp pengungsi Khan Yunis dari keluarga pengungsi dari asal daerah al-Majdal (Ashkelon) di wilayah Palestina jajahan tahun 1948.

Setelah lulus di sekolah menengah atas di kamp pengungsi di Khan Yunis, Sinwar melanjutkan ke perguruan tinggi Universitas Islam Gaza dan memperoleh gelar S1 jurusan Bahasa Arab.

Selama menjadi mahasiswa, Sinwar pernah mengetuai Blok Islam, sayap pelajar Hamas, bekerja di Dewan Pelajar selama lima tahun, menjadi sekretaris tim bagian teknis, bagian olah raga, wakil ketua, dan kemudian menjadi ketua Dewan Senat Mahasiswa.

Setelah lulus, Sinwar membentuk Badan Keamanan di bawah Hamas yang dikenal dengan Majd tahun 1985 yang konsentrasi kerjanya adalah melawan penjajah Israel di Jalur Gaza dan memberantas kelompok spionase dan yang bekerjasama dengan Israel dari warga Palestina.

Penangkapan

Sinwar ditangkap pertama kali oleh Israel tahun 1982 selama 4 bulan. Di tahun 1985 ditangkap dan ditahan selama 8 bulan dengan dakwahan membentuk Badan Keamanan milik Hamas Majd. Tahun 1988 ditangkap dan ditahan adiministratif sebelum akhirnya diintrogasi dan divonis penjara “seumur hidup 4 kali” sampai dia dibebaskan dalam perjanjian “wafa ahrar” tahun 2011.

Bebas dan Memimpin

Israel penjajah membebaskan Sinwar dalam perjanjian “wafa ahrar” dengan Hamas pada 18 Oktober tahun 2011 setelah mendekam selama 24 tahun. Setelah itu, ia menjadi pimpinan paling penting Hamas di Jalur Gaza dan menjadi salah satu anggota biro politiknya.

Hamas pernah memilihnya menjadi pejabat urusan sandera Israel yang ditahan Hamas dan pimpinan dalam seluruh proses perundingan terkait masalah ini dengan Israel.

Sinwar dikenal sosok “keamanan” yang penting dan tidak pernah muncul di public kecuali sangat jarang.

Musuh Israel

Wartawan Israel khusus soal Palestina Evi Sakharuf menyebut Sinwar sebagai “musuh nomer satu Israel di Jalur Gaza” dari tawanan menjadi pimpinan utama dan ketua biro politik Hamas untuk Jalur Gaza.

Sakharaf menyebut Sinwar memiliki karismatik kuat dan juga sangat straigle (berpandangan keras) dalam sikap sehingga dijuluki Israel “barisan elang” di Hamas yang sangat memahami kebutuhan gerakannya di bidang politik dan militer. (at/pip)

  Baca lebih lanjut di 
 https://melayu.palinfo.com/3563
 @Copyright  Pusat Informasi Palestina,All right reserved DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment