Listrik Kedondong Temuan Nauval Terangi 60 Rumah Pedalaman Aceh Timur


Tidak kurang dari 60 unit rumah di Desa Tampor Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur dan sekitarnya telah terpasang lampu dengan menggunakan kekuatan energi pohon kedondong temuan Nauval.

“Kita patut bersyukur atas temuan energi pohon kedondong oleh Nauval, sehingga bisa terus membantu puluhan rumah warga dipedalaman Aceh Timur,” ujar Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul bin Syamaun, Kamis (27/4/2017)

Selama ini Nauval dibantu oleh PT Pertamina EP Rantau Field dalam pendanaan dan pengembangan pohon pijar untuk menerangi pedesaan yang belum tersentuh jaringan listrik. Banyak pihak berharap Nauval dapat terus berkarya dan berinovasi dengan temuan itu.

“Keberadaan PT Pertamina, dalam membantu temuan tersebut sangat kita apresiasi, namun harapan kita semua, temuan ini jangan sampai putus ditengah jalan, mari kita bersama mendukung dalam pengembangan temuan Nauval ini,” Syahrul bin Syamaun.

Sebelumnya Nauval Raziq (13), terlihat sangat lancar menjelaskan satu persatu perangkat yang melekat pada hasil temuannya berupa sumber energi listrik dari pohon kedondong di stan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh pada Tanggal 9 Oktober 2015.

Pelajar yang masih duduk di bangku kelas 3 MTsN, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa ini keluar sebagai juara ke-2 Teknologi Tepat Guna (TTG) se-Aceh. Untuk memamerkan temuannya Naufal sudah melakukan 80 kali uji coba sebelum akhirnya membuahkan hasil yang diharapkan. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment