Di Era Presiden Trump Tak Ada Lagi Jamuan Makan Idul Fitri di Gedung Putih


Presiden Amerika Serikat Donald Trump, memilih untuk tidak menggelar tradisi jamuan makan malam menyambut Idul Fitri.

Padahal jamuan makan malam itu sudah menjadi tradisi dan telah berlangsung di Gedung Putih selama hampir 20 tahun.

Jamuan Idul Fitri digelar setiap tahun di Gedung Putih sejak Bill Clinton menjabat presiden.

Hilangnya tradisi ini terjadi setelah Menteri Luar Negeri, Rex Tillerson, dilaporkan menolak rekomendasi jamuan tersebut.

Kantor berita Reuters menyebut usulan gelaran resepsi diajukan bagian keagamaan dan urusan global Kemenlu AS pada Mei lalu.

Trump sebelumnya dikritik karena menggunakan retorika anti-Muslim, termasuk dalam kampanye saat dia menyerukan pemantauan terhadap masjid-masjid AS.

Meski menghilangan jamuan makan malam, Trump masih memberikan ucapan selamat kepada umat Islam dalam rangka Idul Fitri.

"Atas nama rakyat Amerika, Melania dan saya mengirimkan ucapan hangat kepada umat Muslim yang tengah merayakan Idul Fitri," kata Trump.


"Selama liburan ini, kita diingatkan pentingnya pengampunan, belas kasihan, dan iktikad baik. Dengan seluruh umat Muslim di dunia, Amerika Serikat memperbarui komitmen kami untuk menghormati nilai-nilai ini. Eid Mubarak," tambahnya.

Menlu AS Rex Tillerson juga mengeluarkan pernyataan singkat: "Harapan terbaik untuk semua umat Muslim yang merayakan Idul Fitri."

Jamuan Idul Fitri di Gedung Putih pertama kali diadakan Presiden Thomas Jefferson pada 1805 untuk menghormati perwakilan dari Tunisia.

Jamuan itu dihidupkan kembali oleh Hillary Clinton pada 1996, saat dia menjadi Ibu Negara.

Acara tersebut kemudian menjadi tradisi tahunan sejak 1999 dan dihadiri pemuka agama Islam di AS, para diplomat, dan anggota parlemen AS.[tn] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment