Sejumlah Fan Pagesnya Dibredel Facebook, Begini Penjelasan FPI

Jagad media sosial kembali dihebohkan dengan ‘pembredelan’ sejumlah laman penggemar (Fan Pages) Facebook yang dikelola Front Pembela Islam (FPI) oleh pihak Facebook, pada Rabu (16/8) kemarin.

Penutupan sepihak Fan Pages FPI oleh Facebook ini dibenarkan oleh salah satu pengurus Lembaga Informasi FPI (LIF).

“Iyah kemaren semua fan pages FPI yang kita kelola di bredel facebook,” kata pengurus LIF yang enggan disebut namanya kepada Swamedium.com, Kamis (17/8) sore.

Dia mengatakan, pihaknya tidak menerima pemberitahuan apapun dari pihak Facebook terkait penutupan ini.

“Biasanya ada pemberitahuan kenapa fan pages dihapus atau diblokir sementara, tapi kali ini fan pages yang kita kelola dihapus tanpa pemberitahuan kenapa penyebabnya,” ungkap dia.

Pengurus LIF juga mengaku, kalau penutupan Fan Pages itu diketahui saat Rabu (16/8) pagi kemarin, saat akan mengunggah kegiatan FPI yang terbaru namun tidak bisa. Saat itu, disebutkan kalau laman tidak bisa diakses.

“Tahu (fan pages dibredel) ketika mau buka fan pages ternyata fan pages yang dikelola hilang semua,” sergahnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan jumlah fan pages FPI yang telah dihapus serentak oleh Facebook sebanyak 15 fan pages FPI dan semua dikelola oleh LIF.

“Total semua fan pages ada 15 yang dihapus serentak, yang 7 cantumkan nama FPI. Yang kelola LIF,” ungkapnya.

Pengurus LIF kembali mempertanyakan tidak adanya pemberitahuan sama sekali dari pihak Facebook mengenai penutupan fan pages itu.

“Biasanya ada pemberitahuan kan atau alasan mengapa fan pages dibredel, apa ada postingan yang menyalahi aturan atau sebab yang lain, tapi kali ini dibredel begitu saja, tiba-tiba menghilang,” sesal dia.

Ketika ditanya apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan pihaknya, dia mengaku tak bisa berbuat apa-apa selain naik banding yang telah dia lakukan ke pihak Facebook.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa tentang fan pages yang dihapus, paling menunggu semoga segera diterbitkan kembali fan pages yang telah dihapus, kita sudah ajukan banding ke pihak facebook. Dan kalau tidak berhasil juga, kita akan bikin lagi ulang dari nol,” jelas dia.

Sementara itu, dari poster yang dibuat FPI dan telah beredar di media sosial, disebutkan ada 10 laman penggemar FPI yang dibredel. Selengkapnya ada di bawah ini:

DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment