Zeng Wei Jian: Pintu Kedaulatan Republik Dijebol Via Reklamasi dan Meikarta


Pintu Kedaulatan Republik dijebol via reklamasi dan proyek Meikarta. Dari dua lobang ini, penetrasi asing masuk. With "peace" in quote.

Dua proyek aneh. Negara 17 ribu pulau masih bikin pulau-palsu. Di Meikarta, katanya bakal ada 100 skyscraper. Berlantai 40 tingkat. Selain 400 ribu rumah (mewah?), 10 International Hotel, 100 International school dan sebagainya.

Aneh, padahal mall-mall di Tangerang sepi pengunjung. Baru saja ada 1.600 penghuni rusun mau diusir akibat ora sanggup bayar iuran. Kalau bukan orang asing or international community, siapa lagi yang bakal menghuni pulau-pulau reklamasi dan beroperasi di perkantoran Meikarta.

Adanya foreign compound semacam ini bukan cosmopolit. This is semi-colonialism. Di tahun 1840, China (Qing Dynasty) dibagi ke dalam beberapa "spheres of influence". Macau dikuasai Portugal, Outer Manchuria jadi milik Rusia dan Inggris menguasai Hong Kong.

Pasca Opium War, Inggris punya priviledge beroperasi di lima pelabuhan. China diharuskan memberi izin kepada misionaris bule bermukim dan beroperasi di China.

Banyaknya orang asing beroperasi di sebuah negara biasanya diikuti oleh "extraterritoriality". Sebuah kekebalan hukum. Mereka ngga terjangkau jurisdiksi local law.

Biasanya, Extraterritoriality berlaku di bulan, antartica, outer space, international water, zona internasional atau misi diplomatik. Bukan di dalam sebuah negara "berdaulat". Dipulangkannya seratus penipu cyber adalah contoh halus extraterritoriality.

Di masa akhir Ottoman Empire, orang-orang Eropa bebas berkeliaran. Tak terjangkau hukum. Penguasa Ottoman ngga berkutik. Hukum overlapping. "Pluralisme Hukum" memungkinkan orang asing bikin institusi dan mengorganisir diri. Thus mengkapitulasi Ottoman Empire.

Sampai tahun 1921, Shanghai dibagi tiga zona: Shanghai International Settlement dikuasai Amerika dan Inggris. Sedangkan Shanghai French Concession adalah teritorinya Perancis.

Saya kira, Indonesia boleh miskin. Tapi tidak boleh kehilangan harga diri dan kedaulatan.

THE END

Oleh Zeng Wei Jian
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment