Mantan Staf Ahok Otak Dibalik Sindikat Saracen


Beredar kabar Sunny Tanuwidjaja adalah otak dari sindikat Saracen. Sindikat ini kerap menyebar konten negatif ujaran kebencian (hate speech) dan informasi bohong (hoax) di media sosial

Lalu siapa Sunny? Pria berkacamata itu diketahui mantan staf Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menjabat Gubernur DKI Jakarta. Dia dikenal sebagai orang dekat Ahok.

Sunny, tamatan doktor ilmu politik dari salah satu universitas di Amerika Serikat itu juga sempat dicegah ke luar negeri terkait kasus suap proyek reklamasi di Pantai Utara Jakarta.

Disebut-sebut, Sunny membentuk grup Saracen untuk menutup-nutupi pemberitaan utang negara, isu korupsi di pemerintahan, termasuk kebobrokan pemerintah.

Masih dalam kabar yang beredar, setelah kasus Saracen ditangani polisi, Sunny meminta kepada ‘sang donatur’ agar kasus tersebut tidak mengarah kepada dirinya.

Hingga saat ini, sudah ada tiga tersangka grup Saracen yang ditangkap. Mereka adalah, JAS MFT dan SRN. Mereka dijerat dengan UU 11/2008 tentang lnformasi dan Transaksi Eletronik.

Grup Saracen menggunakan beberapa sarana untuk menyebarkan ujaran kebencian berbau SARA. Diantaranya, grup Facebook Saracen News, Saracen Cyber Team dan situs saracennews.com. [zonasatu] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment