PCNU Surabaya Serukan Umat Budha Indonesia Kutuk Tragedi Rohingya


Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya mengecam keras aksi penindasan dan pembantaian terhadap etnis muslim Rohingya oleh militer pemerintah Myanmar. Juga menyerukan umat Budha dan para pemimpin umat Budha di Indonesia untuk mengutuk tindakan biadab itu. Selanjutnya melakukan tindakan yang diperlukan untuk menghentikan aksi tersebut.

Ketua PCNU Kota Surabaya, Dr Achamd Muhibbin Zuhri mengatakan, sebagaimana juga umat Islam yang sudah tegas mengutuk tindakan teror yang mengatasnamakan Islam, kami juga menunggu sikap lebih tegas dari umat Budhist untuk mengutuk keras aksi tersebut. Apapun motif yang melatar belakanginya, tindakan biadab itu telah melibatkan tokoh dan simbol-simbol agama budha.

“Tidak cukup menyayangkan atau prihatin. Saya menunggu, khususnya umat Budha di Indonesia untuk mengutuk tindakan teror dan pembantaian terhadap muslim Rohingya,” tegasnya, di Surabaya, Sabtu (2/9).

Zuhri menuturkan, pihaknya tidak menampik fakta adanya faktor geopolitik-geoekonomi dalam kasus itu. Tetapi dalam hal ini, kata Zuhri, konsen umat Islam Indonesia adalah menjaga kedamaian dan keharmonisan hubungan antar umat beragama di sini, selain membantu penyelesaian tragedi yang menimpa saudara2 kita di Rohingya.

“Ini penting kita lakukan. Jangan sampai muncul kesan bahwa umat Budha di Indonesia merupakan bagian atau setidaknya ‘mengamini’ tindakan biadab itu,” tegas Zuhri.

Selanjutnya PCNU Surabaya mengajak serta umat beragama untuk menghimpun bantuan kemanusiaan bagi warga Rohingya. (swamedium)
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment