Pengiriman bantuan pertama Turki telah tiba di Myanmar


Pengiriman bantuan kemanusiaan pertama Turki telah tiba pada Rabu (6/9/2017) di negara bagian Rakhine, Myanmar, kata Badan Koordinasi dan Bantuan Turki (TIKA).

Paket bantuan darurat sebanyak 1.000 ton berisi nasi, ikan kering, dan pakaian dikirim ke Kementerian Pelayanan Sosial di Rakhine pada saat serah terima, menurut pernyataan tersebut.

Bantuan tersebut akan didistribusikan ke daerah konflik melalui helikopter militer yang berkoordinasi dengan pemerintah negara bagian Rakhine.

Myanmar pada Selasa mengizinkan TIKA untuk mendistribusikan bantuan tersebut ke Muslim Rohingya di negara bagian tersebut, menurut juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin sebagaimana dilansir AA.

Kalin mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis bahwa izin dari Myanmar tersebut terjadi beberapa jam setelah diskusi antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan Penasihan Negara Myanmar Aung San Suu Kyi melalu telepon mengenai pelanggaran hak asasi manusia baru-baru ini di Rakhine.

Langkah tersebut membuat TIKA menjadi agen bantuan asing pertama yang mendapatkan izin dari pemerintah Myanmar untuk memasuki wilayah tersebut sejak kekerasan terakhir dimulai pada 25 Agustus. (fath/arrahmah.com) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment