Pesan Seorang Pria Rohingya untuk Dunia


Mohammed Soye, seorang pria Rohingya berusia 33 tahun. Ia berasal dari kota Buthidaung di Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Ia melarikan diri pada tanggal 31 Agustus 2017 untuk menyelamatkan diri dari ancaman pembunuhan dan penyiksaan militer Myanmar.

Ia berbicara kepada Katie Arnold (Al Jazeera) di kamp pengungsi Unchi Prank di Chittagong, Bangladesh.

Saya adalah seorang petani di kota Buthidaung, sama seperti setiap orang Rohingya lainnya di sana. Kami tidak memiliki hak untuk bekerja atau memiliki hak pendidikan, sehingga kami tidak dapat memperoleh pekerjaan di kantor polisi, militer atau kantor lainnya. Kami harus bekerja di peternakan atau mengumpulkan bambu dari hutan.

Itu adalah eksistensi dari tangan ke mulut, entah bagaimana, kami bertahan meski kami tidak memiliki kebebasan. Kami baru saja melewati kehidupan, satu hari pada satu waktu.

Dua pekan yang lalu, militer dan komunitas Buddhis setempat datang ke desa kami, mulai menembaki kami dan membakar rumah kami, satu demi satu. Saudaraku tertembak di sisi wajahnya dan meninggal di sana. Kami semua harus lari, jika tidak, kami pasti terbunuh juga.

Kami tidak tahu tujuan kami, kami terus berjalan selama 10 hari sampai akhirnya kami menemukan Bangladesh.

Ibuku 80 tahun, lumpuh dan menderita asma, jadi saya harus membawanya sepanjang perjalanan. Kami menyeberangi tiga sungai dengan perahu, sementara sisanya kami berjalan kaki. Terkadang, kami berpapasan dengan militer yang mulai menembaki kami dan terkadang kami tidur di hutan tempat banyak binatang liar.

Jadi, ada banyak rintangan yang berbahaya. Namun, tekad membuat kami terus bergerak dan akhirnya kami melintasi perbatasan. Saya merasa jauh lebih nyaman sekarang, karena saya berada di Bangladesh. Pulang ke rumah, kami bisa berakhir mati kapan saja. Di sini hidup kami aman.

Tapi tetap saja, Bangladesh benar-benar baru bagi kami. Kami tidak tahu apa-apa tentang negara ini, kami buta huruf, dan kami tidak tahu apa yang seharusnya kami lakukan di sini. Jadi jika perdamaian kembali ke Myanmar, kami lebih suka pulang ke rumah, entah di mana.

Saya tahu seluruh dunia melihat gambaran tentang krisis Rohingya ini, tapi tidak ada yang menekan Pemerintah Myanmar untuk menghentikan kekerasan yang dilakukan terhadap kami. Tentu saja, mereka sebenarnya tidak ingin mencari solusi, jika tidak, kami pasti sudah melihatnya, tapi mengapa pemerintah negara lain dan dunia internasional tidak memberikan tekanan pada mereka?

Pesan saya kepada dunia adalah bahwa manusia sama saja, agama tidak membuat kita berbeda. Umat ​​Buddha memiliki daging dan darah, sama seperti kami. Jadi jika mereka hidup damai dan bebas di Myanmar, mengapa kami tidak bisa. Kita semua manusia dan semua terlahir setara. (minami'raj)


Sumber: Al Jazeera DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment